UNTUK INDONESIA
Ath Bilbao Vs Barcelona, Tersingkir dan Krisis Lagi
Barcelona tersingkir di Copa del Rey setelah secara dramatis menelan kekalahan 1-0 dari Athletic Bilbao.
Barcelona tersingkir di Copa del Rey setelah kalah 1-0 dari Athletic Bilbao di babak perempat final di Stadion San Mames, Jumat 7 Februari 2020 dini hari WIB. Tampak bek Barca Gerard Pique (tengah) berebut bola dengan kiper sendiri Marc-Andre ter Stegen di laga itu. (Foto: marca.com)

Jakarta - Barcelona tersingkir di Copa del Rey setelah secara dramatis menelan kekalahan 1-0 dari tuan rumah Athletic Bilbao di laga perempat final di Stadion San Mames, Jumat 7 Februari 2020 dini hari WIB. Kekalahan yang dramatis karena kemenangan Athletic ditentukan di menit terakhir injury time

Hasil buruk itu menjadikan Barca gagal melanjutkan kiprahnya di Copa del Rey. Athletic yang melaju ke semifinal menyusul Real Sociedad yang menaklukkan Real Madrid 4-3.

Tim lain yang sudah lolos, yaitu Granada setelah menang 2-1 atas Valencia. Sementara, Mirandes menjadi satu-satunya dari Segundo Division yang menerobos hegemoni tim La Liga. Mereka masuk empat besar setelah menyingkirkan Villarreal 4-2. 

Semua berjalan baik kecuali hasil pertandingan. Tentu mengecewakan karena tersingkir. Tetapi kami harus terus melangkah dan memperbaiki diri

Kegagalan di Copa del Rey memupus harapan Barca memburu treble. Kini, mereka tinggal berharap pada La Liga Spanyol dan Liga Champions yang sudah memasuki 16 Besar. Di kompetisi domestik, Los Cules menduduki peringkat dua dan bersaing ketat dengan Madrid. 

Kekalahan di turnamen itu juga menjadikan Barca kembali memasuki situasi krisis. Setelah pemecatan pelatih Ernesto Valverde, internal klub untuk ke sekian kalinya menghadapi gangguan. Kali ini ketegangan antara kapten Lionel Messi dan direktur olahraga klub Eric Abidal. 

Messi mengecam pernyataan eks koleganya di tim ini yang menyebutkan pemain kurang bekerja keras. Buntutnya, tim mengalami kegagalan yang berujung dengan pemecatan Valverde. Lewat akun Instagram Messi meminta Abidal menunjuk saja pemain yang tak bekerja keras bagi tim. 

Pelatih Quique Setien sesungguhnya sudah berusaha menepis adanya krisis di internal klub akibat ketegangan tersebut. Menurut dia tim sepenuhnya fokus pada pertandingan. 

Gol Williams Akhiri Perjuangan Barca  

Namun hasil akhir pertandingan di Copa del Rey tak memenuhi ekspetasi. Perjuangan keras Barca berakhir setelah sundulan keras Inaki Williams yang meneruskan umpan panjang dari sisi kiri pertahanan lawan membobol gawang Marc-Andre ter Stegen di menit terakhir. 

"Semua berjalan baik kecuali hasil pertandingan. Tentu mengecewakan karena tersingkir. Tetapi kami harus terus melangkah dan memperbaiki diri," kata Setien seperti dikutip Marca

"Saya mendapat banyak pelajaran dari pertandingan ini ketimbang hasilnya," ujar dia lagi. 

Di laga itu, Barca harus kehilangan bek andalan Gerard Pique yang mengalami cedera kaki kanan di menit 80. Akibat cederanya dia terpaksa ditarik keluar. 

"Dia sesungguhnya sedikit demam dan kondisinya agak lemah. Menurut saya dia terlalu banyak bermain. Saya tak berharap cederanya serius," kata Setien. 

Sementara, gelandang Sergio Busquets menilai Barca kurang beruntung sehingga gagal melaju ke semifinal. Menurutnya Blaugrana memiliki banyak peluang di babak kedua. Namun tidak ada yang membuahkan hasil. 

"Di babak kedua, kami menghasilkan empat sampai lima peluang, tetapi tidak ada yang membuahkan hasil. Padahal kami bermain bagus dan sesuai yang kami harapkan. Kami harus membayar kesalahan karena tidak mampu mencetak gol," ujar Busquets. 

"Gol mereka tercipta di menit yang membuat kami tidak mungkin lagi untuk membalasnya," katanya. 

Kegagalan di laga itu menjadikan Barca kehilangan kesempatan memenangi dua trofi. Bulan lalu, mereka juga gagal di Supercopa de Espana. []

Berita terkait
Barcelona Vs Leganes, Menang dan Lolos 8 Besar
Barcelona menang telak 5-0 atas Leganes di 16 Besar Copa del Rey. Kapten Lionel Messi kembali menjadi bintang yang bawa tim ke 8 Besar.
Barca Tak Terpengaruh Perselisihan Messi dan Abidal
Barcelona dilanda kisruh jelang laga krusial di perempat final Copa del Rey melawan Athletic Bilbao. Namun konflik itu tak pengaruhi tim.
Ansu Fati, Saat si Culun Masuk Ruang Ganti Barca
Ansu Fati menjadi harapan anyar Barcelona saat Lionel Messi meredup dan bahkan meninggalkan Nou Camp. Fati sudah disebut sebagai suksesor Messi.
0
Jadwal Lengkap Acara Televisi Nasional Sabtu 2 Mei 2020
Beragam program acara televisi nasional siap menemani ibadah puasa Ramadan Anda pada Sabtu 2 Mei 2020.