UNTUK INDONESIA
Asap Kian Tebal, Warga di Labuhanbatu Bagi Masker
Sebaran kabut asap itu semakin tebal dan sangat mengkhawatirkan masyarakat khususnya di Rantauprapat, Kabupaten Labuhanbatu.
Aktivis membagi-bagikan masker di Jalan Ahmad Yani, Rantauprapat, Labuhanbatu. (Foto: Tagar/Habibi)

Labuhanbatu - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di sejumlah daerah, seperti Provinsi Riau sejak beberapa hari terakhir mengakibatkan kabut asap tebal menyebar hingga ke sejumlah provinsi dan daerah lainnya, seperti di Sumatera Utara.

Sebaran kabut asap itu semakin tebal dan sangat mengkhawatirkan masyarakat khususnya di Rantauprapat, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara. Selain mengancam kesehatan saluran pernafasan, juga telah mengakibatkan mata perih.

Hari ini, Rabu 18 September 2019 di bilangan Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Rantau Utara, Kabupaten Labuhanbatu, sejumlah aktivis sosial maupun pegiat media sosial membagikan ratusan masker.

Kali ini kabut asap sudah sangat mengkhawatirkan

Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Aliansi Penyelamatan Indonesia, Andi Khoirul Harahap mengaku, dampak kabut asap sudah sangat mengganggu aktivitas masyarakat. Keluhan warga juga terbaca dalam pesan ataupun komentar di berbagai akun media sosial.

"Niatnya hanya ingin berbuat bagaimana kita berperan dalam hal satu permasalahan. Kali ini kabut asap sudah sangat mengkhawatirkan," sebut Andi, terkait aksi bagi masker yang mereka lakukan.

Dia berharap adanya kebijakan atau sikap dari pemerintah maupun lembaga terkait menyikapi dampak kabut asap yang rentan menimbulkan penyakit. []

Berita terkait
Wilayah Aceh Dikepung Kabut Asap Kebakaran Sumatera
Sebagian wilayah Aceh mulai dikepung kabut asap imbas dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau, Jambi, dan Sumatera Selatan.
Terpapar Asap Karhutla Kalimantan, 37 Orangutan Dirawat
Puluhan orangutan di Kalimantan dirawat, terdampak kebakaran hutan dan lahan di pulau lokasi utama calon Ibu Kota di Indonesia.
Foto: Kabut Asap Selimuti Riau
Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Riau, mengakibatkan provinsi tersebut dinyatakan siaga darurat asap.
0
Ikan Bertato Ambon Terbalik, Gemparkan Warga Maluku
Warga dusun setempat yang mengetahui temuan ikan itu, berkerumun dan melihat langsung di tepi pantai dusun.