Argentina Bikin Status Gender Netral di KTP

Argentina jadi negara pertama di Amerika Latin yang mengesahkan dokumen identifikasi untuk orang-orang non-biner
Sejumlah perempuan berpawai di Plaza de Mayo dalam unjuk rasa menentang kekerasan berbasis gender, di Buenos Aires, Argentina, 3 Juni 2019 (Foto: voaindonesia.com/AP)

Jakarta – Argentina pada hari Rabu, 21 Juli 2021, menjadi negara pertama di Amerika Latin yang mengesahkan dokumen identifikasi untuk orang-orang non-biner.

Kartu identitas nasional dan paspor mereka akan menampilkan “X” sebagai pengganti deskripsi gender yang selama ini ada yaitu “M” atau “male” untuk laki-laki dan “F” atau “female” untuk perempuan.

“Umat manusia harus menempuh perjalanan panjang untuk memahami bahwa ada sesuatu yang utuh, yaitu laki-laki, perempuan, dan non-biner,” ujar Presiden Argentina, Alberto Fernandez, ketika mengumumkan keputusan itu.

transgender di militer asIlustrasi: Beberapa orang transgender anggota militer AS memberikan kesaksian di depan Komisi Kongres AS (Foto: Dok/voaindonesia.com/AP)

Orang non-biner adalah mereka yang tidak mengakui dirinya sebagai laki-laki atau perempuan.

Secara global Kanada, Selandia Baru dan Australia telah mengadopsi langkah serupa.

Argentina sekali lagi berada di garis depan di kawasan ini dalam perluasan hak-hak bagi kelompok minoritas seksual setelah mengesahkan undang-undang (UU) identitas gender pada 2012.

Argentina juga tidak mengkriminalisasi aborsi dan menetapkan kuota tenaga kerja bagi transgender (em/lt)/Associated Press/voaindonesia.com. []

Berita terkait
Kongres Meksiko Pertama Kali Punya Anggota Transgender
Kongres Meksiko untuk kali pertama memiliki anggota transgender, tidak hanya satu, melainkan ada dua transgender
Forum Kesetaraan Gender Untuk Penguatan Hak-hak Perempuan
Forum Kesetaraan Gender untuk memperkuat hak-hak perempuan dalam hal keadilan ekonomi, kekerasan gender, hak seksual dan hak reproduksi
Biden Pilih Perempuan Transgender Asisten Menteri Kesehatan
Presiden terpilih AS, Joe Biden, menunjuk Kepala Kesehatan Pennsylvania, Rachel Levine, sebagai asisten menteri kesehatan kabinetnya
0
Argentina Bikin Status Gender Netral di KTP
Argentina jadi negara pertama di Amerika Latin yang mengesahkan dokumen identifikasi untuk orang-orang non-biner