UNTUK INDONESIA
Apple Daur Ulang iPhone untuk Mengambil Mineral
Apple Inc melakukan daur ulang iPhone untuk mengambil kandungan mineral dengan menggunakan robot Daisy.
Robot daur ulang milik Apple bernama Daisy. (Foto: Antara/apple.com)

Jakarta - Apple Inc melakukan daur ulang iPhone untuk mengambil kandungan mineral pada ponsel pintar tersebut. Mineral tersebut dapat diambil dan digunakan kembali. Untuk membongkar unit iPhone dan mengambil mineralnya, Apple menggunakan robot Daisy.

Robot Daisy merupakan salah satu bagian rencana Apple untuk menjadi pabrik closed-loop, mereka tidak ingin hanya bergantung pada industri pertambangan untuk mendapatkan bahan baku pembuatan komponen. 

"Kami tidak berkompetisi dengan pertambangan. (Industri) pertambangan tidak perlu takut dengan pengembangan ini," kata kepala kebijakan lingkungan dan sosial Apple, Lisa Jackson, dikutip dari Reuters, seperti dilansir Antara, Senin, 13 Januari 2020.

Apple mendaur ulang iPhone di manufaktur di Austin, Texas. Robot Daisy bisa membongkar agar 14 mineral yang ada di sebuah unit ponsel, termasuk lithium, bisa diekstrak. 

Untuk saat ini, baru iPhone yang didaur ulang lewat robot Daisy karena ponsel ini sangat populer. 

Salah satu pekerjaan robot ini adalah mengeluarkan baterai iPhone, pertama ponsel dipanaskan di udara bersuhu -80 derajat Celsius. Kedua, robot akan mengeluarkan baut dan modul di dalam ponsel. 

Komponen-komponen ini kemudian dikirim ke pendaur ulang untuk diekstrak dan dimurnikan. Robot Daisy bisa membongkar 200 unit iPhone per jam. 

Apple sudah menggunakan mineral daur ulang untuk produk-produknya, antara lain untuk timah dan kobalt. []

Berita terkait
iPhone XR Paling Laris di Kuartal Ketiga 2019
Lembaga riset Counterpoint Research merilis catatannya bahwa iPhone XR sebagai ponsel terlaris pada kuartal ketiga tahun 2019 secara global.
Lima iPhone Akan Dirilis Apple 2020
Analis Apple Ming Chi Kuo memprediksi produsen smartphone berlogo buah apel itu akan meluncurkan lima iPhone teranyar pada 2020.
iPhone Terbaru Tidak Lagi Pakai Notch
Kabarnya Apple tidak lagi menggunakan notch (lekukan di atas layar) di iPhone terbaru, diperkirakan mulai tahun 2020 ini.
0
Ratusan Anak di Subulussalam Aceh Alami Stunting
Sebanyak 201 kasus anak stunting sepanjang tahun 2019 di Subulussalam, Aceh. Masyarakat diminta tidak menganggap remeh.