UNTUK INDONESIA
Aplikasi Shopee Kini Punya Fitur Peringatan Dini Tsunami
Fitur peringatan dini tsunami ini baru bisa diakses pada 20 Oktober 2020.
Logo Shopee. (Foto: Tagar/seek logo)

Jakarta - Shopee kini bekerja sama dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk menghadirkan fitur peringatan dini dalam aplikasi e-commerce ini. Fitur ini diharapkan dapat menjadi solusi sehari-hari bagi masyarakat pengguna aplikasi Shopee.

Dalam keterangan pers virtual, Kamis, 16 Oktober 2020, Deputi Bidang Geofisika BMKG Muhamad Sadly mengatakan bahwa kehadiran fitur peringatan dini Tsunami di aplikasi Shopee bertujuan untuk menjangkau lebih banyak orang untuk menyebarkan informasi bencana.

"Tidak ada yang bisa memprediksi bencana alam, sehingga informasi yang akurat sangat penting untuk diterima masyarakat luas," kata Sadly.

Dengan hadirnya fitur ini, diharapkan masyarakat pengguna aplikasi Shopee bisa mendapat informasi akurat, cepat, dan tepat dari BMKG terkait bencana alam. Informasi yang diakses juga dapat disesuaikan dengan lokasi domisi maupun lokasi lain yang dipilih.

"BMKG mencoba untuk memberikan informasi dan kesadaran bagi masyarakat Indonesia secara luas melalui berbagai macam teknologi. Fitur peringatan ini sudah menggunakan data terbaru secara waktu nyata (realtime) dengan sistem BMKG," ucap Sadly.

Direktur Shopee Indonesia Handika Jahja menyambut baik kerja sama dengan BMKG dalam menghadirkan fitur peringatan dini bencana alam. Menurutnya, kehadiran fitur ini dapat membantu BMKG dalam memetakan daerah yang terekspos bencana dan menginformasikannya kepada masyarakat luas.

"Masyarakat dapat mengakses informasu dan peringatan bencana alam melalui tampilan push notification sesuai dengan lokasi tempat tinggal. Fitur ini mulai bisa diakses pada 20 Oktober 2020," kata Handika.[]

Berita terkait
Salip OVO dan GoPay, ShopeePay Rajai Dompet Digital
Transaksi digital atau non-tunai menjadi metode pembayaran yang digemari masyarakat selama pandemi Covid-19, tak terkecuali ShopeePay.
BMKG Rilis Alat Deteksi Gempa-Tsunami di Indonesia
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika merilis alat deteksi gempa dan tsunami di Indonesia. Begini cara kerja alat tersebut.
Waspada, Peringatan Dini Gelombang Tinggi di Selatan Jawa
BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di sepanjang pantai selatan Jawa. Nelayan dan warga yang beraktivitas di pantai diminta waspada.
0
Aplikasi Shopee Kini Punya Fitur Peringatan Dini Tsunami
Fitur peringatan dini tsunami ini baru bisa diakses pada 20 Oktober 2020.