Anies Baswedan Disebut Bakal Izinkan Reuni PA 212 Tanpa Dilema

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dinilai tetap akan mengizinkan reuni Aksi PA 212 di kawasan Monas, Jakarta, meski ada pandemi Covid-19.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dinilai tetap akan mengizinkan reuni Aksi PA 212 di kawasan Monas, Jakarta, meski ada pandemi Covid-19. (Foto: Antara/Susylo Asmalyah)

Jakarta - Direktur Indonesia Political Review (IPR) sekaligus pengamat politik Ujang Komarudin menilai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tetap akan mengizinkan reuni Aksi 212 di kawasan Monas, Jakarta Pusat pada 2 Desember 2020 mendatang. Meski saat ini ada pandemi Covid-19, DKI-1 diprediksi tetap memberi lampu hijau.

"Akan mengizinkan. Sebagai Gubernur semua warga, maka Anies harus bijak. Tak dilema, justru akan memberi izin. Namun, tentu dengan catatan. Misalnya, harus tertib, damai, dan aman," ujar Ujang dalam pesan singkatnya kepada Tagar, Sabtu, 14 November 2020.

Untungnya ada, karena dia tetap solid didukung gerakan 212.

"Acara 212 juga sebelum-sebelumnya selalu diizinkan Anies," ucapnya menambahkan.

Baca juga: PA 212 Bakal Ramaikan Monas Gelar Reuni 2 Desember 2020

Ujang melanjutkan, turunnya izin dari Anies lantaran kelompok 212 tak lain adalah pendukung mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) tahun 2014-2016 tersebut. Dia menilai, kelompok 212 juga telah berjasa kepada Anies.

Di sisi lain, Ujang memprediksi Anies nantinya akan mendapat pelbagai kritikan dari masyarakat, karena mengizinkan kegiatan reuni 212 di Monas. Namun, menurut dia, Anies akan tetap mendapatkan keuntungan dari keputusan pemberian izin tersebut.

"Masyarakat akan memantau dan mengkritik Anies dan pihak 212 karena kemungkinan akan melanggar protokol kesehatan seperti enggak jaga jarak, dan lain-lain. Untungnya ada, karena dia tetap solid didukung gerakan 212," kata dia.

Baca juga: Pilkada 2020 Berlanjut, PA 212: Kita Bikin Reuni Lebih Gede

Sebelumnya, Ketua Persaudaraan Alumni (PA) 212 Slamet Maarif menyebut pihaknya berencana menggelar reuni Aksi 212 di kawasan Monas, Jakarta Pusat. Dia berujar, surat permohonan izin sudah dilayangkan tiga bulan lalu dan masih menunggu jawaban dari Pemerintah DKI Jakarta.

"Kan memang setiap tahun di Monas. (Aksi 212 tahun 2016 juga kan kejadiannya di Monas, masak mau di Ancol reuninya," tutur Slamet. []

Berita terkait
Legislator Jakarta Minta Reuni 212 Ditiadakan Tahun 2020
Karena pandemi Covid-19 di Ibu Kota masih belum terkendali, anggota DPRD DKI Jakarta, Mujiyono menyarankan agar Reuni Akbar 212 tidak digelar.
Pemprov DKI Ngaku Belum Terima Surat Reuni PA 212 di Monas
Pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengaku belum menerima surat permohonan penggunaan kawasan Monas untuk reuni akbar PA 212.
Boyband F4 Reuni, Jerry Yan Tampil dalam Bentuk Hologram
Jerry Yan, Ken Zhou dan Vic Chou tampil dalam bentuk hologram dengan teknologi CGI pada acara reuni boyband F4.
0
China Tuduh Amerika Politisasi Asal Muasal Virus Corona
China mengecam langkah Amerika Serikat melacak asal muasal virus corona yang disebut China sebagai “mempolitisasi” pelacakan