UNTUK INDONESIA

Angkat Bahaya Bullying, Mental Trip Rilis Lagu Antigen Netizen

Musisi hiphop Mental Trip resmi merilis lagu berjudul Antigen Netizen pada Jumat, 5 Maret 2021.
Artwork lagu Antigen Netizen dari Mental Trip feat Ayronikz. (Foto: Tagar/mentaltriprap)

Jakarta - Musisi hiphop Mental Trip resmi merilis lagu berjudul Antigen Netizen pada Jumat, 5 Maret 2021. Tembang yang mengangkat isu perundungan alias bullying di kalangan remaja ini, digarap bersama rapper pendatang baru, Ayronikz.

Dalam liriknya, lagu Antigen Netizen mengangkat tentang kesadaran akan dampak dari cyberbullying, bodyshaming, dan lingkungan toxic.

Tema besar ini diambil menyusul temuan mengenai meningkatnya kata kunci "kesehatan mental" sebanyak 70 persen, di laman pencarian Google sepanjang 2020 dibanding tahun sebelumnya.

"Orang Indonesia mencari informasi dan meningkatkan kualitas hidupnya melalui internet dan media sosial. Tapi sayangnya media sosial bisa juga menjadi tempat yang toxic untuk sebagian orang," kata Mental Trip kepada Tagar, Jumat, 5 Maret 2021.

"Ada beberapa kasus bunuh diri yang terjadi karena menerima bully di media sosial ataupun di dunia nyata seperti pada kasus Sulli penyanyi dari Korea Selatan ataupun kasus bully di dunia nyata dalam kasus #RIPNadila yang lompat dari lantai 3 sekolahnya di Jakarta Timur," kata dia.

Mental TripPenyanyo rap Lingga Wastu a.k.a Mental Trip. (Foto: Instagram/pandaikata)

Lewat tembang yang telah dapat dinikmati sejak Jumat, 5 Maret 2021 di berbagai gerai musik digital ini, Mental Trip berharap lagu ini dapat membuka sudut pandang orang-orang tentang dampak komentar dan ucapan yang dilontarkan terhadap kehidupan orang lain.

Kampanye mengenai kesadaran akan dampak dari cyberbullying, bodyshaming, dan lingkungan toxic ini juga dapat diikuti via tagar #AntigenNetizen di media sosial Instagram.

Mental Trip sendiri merupakan sebuah proyek Rap dari Lingga Wastu yang telah dimulai sejak 2010. Ia terjun ke kancah hiphop Indonesia sejak tahun 2006 di Kota Bogor bersama grup bernama dE'KRU, yang kemudian bubar pada awal 2010.

Setelah bubar, Lingga terus melanjutkan semangat bermusiknya lewat proyek solo bernama Mental Trip.

Sejak 2010 Mental Trip sudah merilis beberapa single seperti Gloria, Ego Trip, dan Selongsong Kosong yang sudah bisa dinikmati di berbagai platform pemutar musik digital. []

Berita terkait
Kisah Hidup dan Kontroversi Janet Jackson Diadaptasi Jadi Film
Sebuah film dokumenter berisi kisah hidup Janet Jackson siap dirilis untuk merayakan ulang tahun album perdana sang biduan yang ke-40.
Burning Blood, Cold Cold Ground Buka Album Baru Adrian Adioetomo
Musisi delta blues asal Indonesia, Adrian Adioetomo, merilis single terbaru berjudul Burning Blood Cold Cold Ground.
Jadi Penyambung Lidah Hewan, Vox Mortis Rilis Album Perdana
Grup band death metal Vox Mortis resmi merilis album perdana mereka yang bertajuk Avignam Jagat Samagram pada Jumat, 26 Februari 2021.