UNTUK INDONESIA
Anggun C. Sasmi Dihujat Karena Ustaz Abdul Somad
Anggun Cipta Sasmi, penyanyi asal Indonesia yang go internasional dikritik warganet seusai unggah foto Ustaz Abdul Somad dan Meliana.
Diva Indonesia Anggun Cipta Sasmi. (Foto: Instagram/@anggun_cipta)

Jakarta - Anggun Cipta Sasmi, penyanyi asal Indonesia yang go internasional mendapat kritikan dan hujatan dari warganet (netizen) seusai mengunggah foto Ustaz Abdul Somad (UAS) yang disandingkan dengan Meliana, terdakwa kasus penodaan agama yang dinilai bersalah karena melontarkan pendapat terkait pengeras azan.

Dalam foto UAS dan Meliana, Anggun menuliskan caption kalimat singkat.

"Meliana & Somad. Minoritas VS Mayoritas #Kenyataan," ucap Anggun seperti dikutip Tagar dalam Instagram pribadi miliknya @anggun_cipta pada Minggu, 25 Agustus 2019.

Unggahan Anggun C. SasmiAnggun Cipta Sasmi mengunggah postingan terkait Ustaz Abdul Somad dan Meliana. (Foto: Instagram/@anggung_cipta)

Postingan Anggun yang sebelumnya tidak pernah mendapat komentar lebih dari seribu akun Instagram itu pun tiba-tiba dikomentari oleh 21 ribu-an akun Instagram.

Sejumlah pengguna akun Instagram menilai apa yang disampaikan Anggun telah mengusik ulama yang mereka percaya, salah satunya pemilik akun @yuda_ksm.

"Anda mengaku muslim?tau hukumnya seorang wanita terlihat aurat yang bukan muhrimnya?sepertinya anda tidak tahu apalagi adab terhadap ulama,jangan ngaku Islam kalo bukan Qur'an yang kamu jadikan tuntunan untuk hidup,jangan coba coba mengusik ulama kami percayalah kalian tidak akan ingin melihat kami umat Islam marah terhadap kaum munafik seperti kalian!!" ujar pemilik akun @yuda_ksm yang disukai oleh 1792 pengguna lainnya itu.

Pemilik akun @dka_galery mengatakan bahwa ia tak respect dengan apa yang diunggahnya karena menganggap wajar ceramah UAS yang dilakukan di tempat tertutup.

"Apakah anda marah klo disebut domba tersesat? Saya gak. Knp?Krn semua agama menganggap bahwa agamanya lah yg paling benar,wajar kan. Nah ini ceramah UAS di tempat tertutup dlm majelis umat muslim dan bukan ditempat umum.knp ada yg marah? Harusnya anda marah ketika kalimat lailahaillallah di bakar,, unrespect to you. OMDO bilangnya muslim tp ketika kalimat tauhid dibakar gak ada reaksi apa²," tuturnya.

Berbeda dengan pemilik akun @dka_galery, akun @putrifakhra menilai kasus UAS tidak selayaknya dibandingkan dengan kasus Meliana.

"Lah kok ini malah dibandingkan dengan kasus orang yang melecehkan Islam. Anda sehat? Anda muslim bukan? Mau ikut nyalahin UAS? Kalau UAS minta maaf berarti ayat Al-Quran harus dihapus. Anda siapa berani menentang Allah SWT dan Rasul Nya? Pantaslah orang-orang munafik itu dapat neraka spesial dari Allah SWT," ucapnya.

Sedangkan akun @degasaputra ingin Anggun mengerti permasalahan yang terjadi. Ia pun meminta Anggun untuk tidak membandingkan latar UAS dengan Meliana.

"Mbak anggun, jangan membandingkan 2 orang itu, karena latar belakang nya beda, yang satu saya kenal, beliau ustad yang memang tugas nya untuk berdakwah apa yang tertulis di dalam Alquran, beliau tidak berkata karena pikiran subjektifnya, sudah dijelaskan dalam video klarifikasi beliau, memang ada ayat Alquran yg berbunyi seperti itu, dan hanya untuk kalangan umat muslim saja, harap mengerti permasalahan ini," ujarnya.

Anggun C. SasmiDiva Indonesia Anggun Cipta Sasmi. (Foto: Instagram/@anggun_cipta)

Dari komentar-komentar tersebut ada pula yang menyatakan setuju dan mendukung dengan apa yang disampaikan Diva Indonesia itu dalam unggahannya.

"Saya tinggal di Sydney . Muslim disini adalah minoritas. Ketika kita butuh tempat untuk sholat berjamaah, Gereja2 membuka kan pintu untuk umat Islam. Alhamdulillah semua agama saling menjaga. Semoga Indonesia tetap satu dalam perbedaan," ucap pemilik akun @mamak_aussie.official.

"saya juga muslim, saya mndukung anggun, ini bukan soal mayor atau minor, tapi lebih kepada saling menghargai," ujar pemilik akun @hmi.nft. []

Berita terkait
UAS: Saya Hanya Menjelaskan Akidah Agama Islam
UAS menjawab desakan agar dia meminta maaf atas video viral pada ceramahnya tentang jin kafir dalam patung salib.
UAS: Apakah Saya Harus Minta Maaf?
Ustaz Abdul Somad akrab disapa UAS, tiba di kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI), di Jalan Proklamasi, Jakarta.
Para Ulama Menilai Kasus UAS Salah Alamat
Para ulama menilai kasus Ustaz Abdul Somad salah alamat. Menurut pandangan Islam tidak ada yang berhak mengkritisi dakwah UAS.
0
Revisi UU KPK, Jokowi Minta Masyarakat Bersuara ke DPR
Presiden RI Joko Widodo menyampaikan tanggapannya terkait keputusan Revisi Undang-Undang KPK. Ia mengaku, ide awal revisi tersebut dibawa oleh DPR.