Anggota DPD RI Asal Sumbar Sebut Pilkada 2020 Dipaksakan

Anggota DPD RI asal Sumatera Barat meminta Pilkada 2020 Diundur hingga 2021.
Anggota DPD RI asal Sumatera Barat Alirman Sori. (Foto: Tagar/Istimewa)

Padang - Anggota DPD RI Alirman Sori menilai pelaksanaan Pilkada 2020 di tengah pandemi Covid-19 terkesan dipaksakan. Kondisi ini seperti mengabaikan keselamatan masyarakat.

Kalau pun Pilkada ditunda, tidak akan kiamat republik ini. Ini juga demi kesehatan dan keamanan masyarakat.

Alirman mengaku setuju jika pelaksanaan Pilkada tahun ini ditunda. Hal ini demi keselamatan masyarakat yang kerumunan massa tidak akan terpantau dengan baik saat proses kampanye kandidiat.

"Kalau pun Pilkada ditunda, tidak akan kiamat republik ini. Ini juga demi kesehatan dan keamanan masyarakat," katanya, Jumat, 25 September 2020.

Menurutnya, proses pemerintahan akan tetap bisa berjalan dengan digantikan Pelaksana tugas (Plt) kepala daerah. "Keselamatan masyarakat paling utama saat pandemi Covid-19 ini," katanya.

Menurutnya, DPR RI khusus di Komite 1 sedang membahas terkait penundaan Pilkada serentak dimasa pandemi. Komite 1 sepakat menolak pelaksanaan Pilkada 9 Desember 2020 dan minta diundur hingga 2021.

"Kami mendorong agar keputusan ini menjadi keputusan politik secara kelembagaan," tuturnya.

Dia juga meminta agar pemerintah mengambil langkah kongkrit, terkait penanganan penularan Covid-19. Terutama di zona merah untuk ditangani secara serius dan menyeluruh, sehingga tidak muncul lagi klaster baru.

"Kami juga minta masyarakat untuk membangun kesadaran, jika ada gejala segera melapor kepada tenaga kesehatan sehingga bisa diberikan penanganan secepatnya," tuturnya. []

Berita terkait
Arteria Dahlan Merasa Pilkada 2020 Tidak Perlu Ditunda
Anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) Arteria Dahlan berkata Pilkada 9 Desember 2020 tidak perlu ditunda meski ada pandemi.
Sah! Pilkada 2020 Tidak Ditunda
Komisi II DPR, Kemendagri, KPU, dan Bawaslu, Serta DKPP sepakat Pilkada serentak tetap berlangsung pada 9 Desember 2020 mendatang.
Fadjroel Rachman Tegaskan Pilkada 2020 Tak Akan Ditunda
Istana tegaskan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 tetap sesuai jadwal pada 9 Desember 2020.
0
Kemendag Teken Kerja Sama Pemberdayaan UMKM dengan Accor, BNI, dan Pemprov DKI
Kemendag kembali menandatangani perjanjian kerja sama untuk mendorong pemberdayaan UMKM dengan grup perhotelan Accor, BNI & Pemprov DKI.