Indonesia
Angel Karamoy, Caleg PDIP Gagal Jadi Anggota DPR
Angel Karamoy caleg dari PDIP gagal menjadi anggota DPR RI. Impian Angel masuk dunia politik pun pupus.
Angel Karamoy. (Foto: Angel Karamoy/Instagram)

Jakarta - Angel Karamoy caleg dari PDIP gagal menjadi anggota DPR RI. Impian Angel harus kandas terjun ke politik setelah dia merasa puas melanglang buana di dunia hiburan Tanah Air. 

Angel bergabung dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sejak 2019. Melalui PDIP, artis cantik berkulit putih ini menjadi calon legislatif (caleg) 2019 untuk DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat VI meliputi kota Bekasi dan Depok.

Angel mengaku keinginan kuat terjun ke politik sudah ada sejak 2014 tapi pada saat itu belum ada kesempatan. Pada 2019 kesempatan itu baru ada. Setelah ditetapkan jadi caleg, perempuan berambut lurus ini blusukan ke rumah warga di daerah pemilihannya.

Alhasil, Angel meraup 48.936 suara pada Pileg 2019 setelah berkompetisi dengan pesaingnya sesama artis  Fauzi Baadila dari Partai Gerindra yang meraih 63.161 suara. Sementara, Lucky Hakim dari Partai Nasdem memperoleh 39.696 suara. Dari persaingan ini, Angel berada di posisi kedua dari Dapil yang sama.

Hasil rekapitulasi nasional Pileg 2019 Komisi Pemilihan Umum (KPU), PDIP menjadi partai politik yang meraih suara tertinggi di antara parpol lain. Otomatis nasib PDIP menjadi parpol yang lolos ke parlemen melebih parliamentary threshold (PT) sebesar empat persen.

Kendati demikian, nasib ibu dua anak ini gagal melenggang ke Senayan meski meraih suara tinggi. Mengingat dia harus bersaingan dengan caleg sejawatnya dari PDIP yang maju dari dapil yang sama, yaitu Dapil Jawa Barat VI.

"Saya cek kelihatannya (Angel Karamoy) enggak masuk (DPR)," ujar Wakil Sekjen PDIP Eriko Sotarduga kepada Tagar, Selasa 28 Mei 2019.

Karier Dunia Hiburan

Angel Karamoy adalah alumnus SMA Yadika. Kiprahnya di dunia hiburan sejak berusia sembilan tahun. Kala itu, Angel kecil menjadi bintang iklan es krim Walls Dimpi. Angel lahir di Manado, Sulawesi Utara pada 16 Januari 1987.

Sinetron

Dia pernah membintangi sinetron Bidadari 3, Saras, Pelangi di Matamu 2, Demi Cinta, Hati Di Pucuk Pelangi, Ada Apa Dengan Pelangi, ABC&D, Daun Daun Kering, Biar Cinta Bicara, Kala Cinta Menggoda, Kurindu Jiwaku, Dunia Belum Kiamat, Seleb I'm In Love, Maha Cinta, dan Mujizat Itu Nyata.

Iklan

Angel pun semakin populer di mata publik kala menjadi bintang iklan Ovale, Homyped, Sido Muncul, Hansaplast, Clear, Fresh & Natural, dan permen Hot-Hot Pop.

Film

Aktingnya yang mumpuni saat berperan dalam sinetron pun berhasil membawanya berperan dalam film layar lebar. Pada 2016 menjadi Leona dalam film Bintang di Langit Belitong. Dalam film Sang Sekretaris dia berperan sebagai Clara. Pada 2019 berperan sebagai Reva dalam film Reva Guna Guna, dan sebagai Sheila dalam Roy Kiyoshi (The Untold Story).

Variety Show

Tak hanya bermain sinetron, Angel pernah menjadi talent dalam acara Santai Bareng Yuk pada 2008, Opera Van Java (2013-2014), Ini Sahur (2014-2015, dan 2018), Comedy Night Live (2014-2015), Pesbukers (2015-2016), Celebrity Squares (2015), Bo Bo Ho (2018), dan Gado-gado Sahur (2019).

Kehidupan Keluarga

Angel Karamoy adalah anak kedua dari enam bersaudara dari pasangan Vence J. Karamoy dan Theresia Sumendap.

Angel mengakhiri masa lajang menikah dengan seorang pengusaha bernama Steven McJames Rumangkang pada 2008. Resepsi pernikahan bertema Winter of Love dihelat di Jakarta Convention Center (JCC) pada 26 Januari 2008 dengan merogoh koceh hingga Rp 2 miliar.

Angel melahirkan bayi perempuan yang bernama Lovely Maria Rumangkang pada 28 Februari 2008, sebulan setelah pernikahan mereka digelar. Menurut penuturan ibu Angel, mereka sebelumnya telah menikah pada bulan April tahun 2007, dan kabar pernikahan tersebut terpaksa disembunyikan karena Angel dilarang untuk hamil dan menikah dulu oleh pihak manajemennya. Angel melahirkan bayi laki-laki yang bernama Junio McKenzie Rumangkang pada tanggal 30 Juni 2009.

Kini, Angel Karamoy menyandang status sebagai janda. Delapan tahun pernikahannya dengan Steven Rumangkang, Angel dikaruniai dua orang anak, yaitu Lovely Maria Rumangkang dan Junio McKenzie Rumangkang

Namun sayang, umur pernikahan mereka tidak berlangsung lama hanya bertahan delapan tahun. Angel dan Steven bercerai pada 2016. []

Baca juga:

Berita terkait
0
Menelisik Biaya Hidup di Kalimantan Timur
Menelisik biaya hidup Kalimantan Timur yang digadang-gadang menjadi ibu kota baru pengganti Jakarta.