UNTUK INDONESIA
Andi Arief Kembali Beraksi, Giring Publik Berspekulasi Truk Berspanduk Jokowi
Andi Arief mengunggah sebuah video yang menampakkan 8 truk semi-kontainer bergambar spanduk Paslon 01.
Andi Arief mengunggah sebuah video yang menampakkan 8 truk semi-kontainer bergambar spanduk Paslon 01 berjalan beriringan di jalan tol. (Foto: Istimewa)

Jakarta, (Tagar 22/3/2019) - Politikus sekaligus pasien rehabilitasi Badan Narkotika Nasional (BNN), Andi Arief mengunggah sebuah video yang menampakkan belasan truk kontainer bergambar spanduk paslon 01 berjalan beriringan di jalan tol.

Video ini disebut Andi, direkam oleh temannya, meminta kepada dia untuk mengunggah video tersebut ke linimasa.

Dalam cuitannya di Twitter, Andi Arief mengajak warganet berspekulasi mengenai apa muatan yang dibawa truk semi kontainer di wilayah tol Jawa Tengah.

"Truk semi container Paslon 01 ini kira-kira membawa apa (demikian seorang kawan kirim DM dan minta di upload," cuit @andiarief, Kamis 21 Maret 2019 Pukul 18:37.

Hingga kini, cuitannya telah diretweet sebanyak 1084 kali dan mendapat 2203 likes.

Andi AriefAndi Arief mengunggah sebuah video yang menampakkan 8 truk semi-kontainer bergambar spanduk Paslon 01 berjalan beriringan di jalan tol. (Foto: Istimewa)

Akun @LemonPahit merespon cuitan Andi. Dia menyebut, yang jelas muatan truk tidak menyelundupkan barang haram.

"Yang jelas gak nyelundupin sabu rif #02Nyabu," tulis @LemonPahit.

Kemudian akun Capres Kadaluarsa Okeh Oceh mengatakan bila truk yang berjalan di jalan tol membawa alat kontrasepsi.

"Bawa Kondom," cuit @Iqbal78918568.

Sementara itu akun 02. Adil Makmur Makmur menduga, bila muatan truk sebenarnya membawa antara uang cukong atau uang rakyat.

Andi AriefAndi Arief mengunggah sebuah video yang menampakkan 8 truk semi-kontainer bergambar spanduk Paslon 01 berjalan beriringan di jalan tol. (Foto: Istimewa)

"Itu duit cukong apa duit rakyat #INAelectionObserverSOS," cuit @punkaz3.

Nampak jelas, dalam video berdurasi 1 menit 49 detik itu, setiap badan truk ditempeli spanduk paslon capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin, dengan tulisan 'Jokowi-Amin Indonesia Maju' dan 'Sedulur Kayu dan Mebel Siap Menangkan Jokowi-Amin'.

8 truk semi container itu, diketahui sedang berjalan di dalam tol mengarah ke daerah Salatiga, Bawen dan Semarang.

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui oleh siapa video tersebut dibuat, dan kapan video tersebut direkam.

Dalam cuitan selanjutnya, Andi menjelaskan bahwa hoaks adalah informasi yang menyesatkan, bertentangan dengan kebenaran. Maka itu, kata dia, jangan menelan hoaks mentah-mentah lalu mengunyah untuk kemudian melepehnya.

"Hoak itu informasi tidak benar. Lawannya adalah informasi benar. Bukan bedil. Hoak tidak sekonyong-konyong menjadi kebenaran yg akan ditelan mentah-mentah sepenuhnya, banyak juga yang mengunyah dan melepehnya. Kalau Pak Jokowi merasa kalah melawan hoak, ngapain aja tim suksesnya?" tutur Andi.

Melansir pemberitaan Antara, belasan truk kontainer yang dimaksud Andi merupakan kendaraan milik organisasi relawan Sedulur Kayu dan Mebel (Sekabel) Jokowi, yang hendak ekspor mebel dengan cara konvoi melalui jalan tol dari Solo Raya menuju ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah.

Isi muatan truk itu adalah kayu mebel, furniture, dan industri barecore yang hendak diekspor ke negara Eropa.

Koordinator relawan Sekabel, Adi Dharma Santoso mengungkapkan, dengan membranding kontainer dengan baliho paslon 01, untuk menunjukkan keberhasilan pemerintahan Jokowi dalam membangun infrastruktur semisal tol Trans Jawa.

Hal tersebut, lanjut dia, menunjang daya saing yang meningkat dikarenakan kualitas barang menjadi terjaga, ketepatan waktu dalam memenuhi jadwal pengiriman dari dan ke pelabuhan menjadi bisa diandalkan.

Dengan makin mudahnya akses ke sentra-sentra bahan baku kayu, kata dia, memungkinkan pengawasan, pengelolaan hutan dan hasil hutan makin membaik, sehingga pasokan bahan kayu untuk industri menjadi lebih terjamin. [] 

Baca juga:

Berita terkait
0
Klasemen Liga 1, Persaingan Bali United Vs Persipura
Pimpinan klasemen Bali United belum bisa memastikan juara Shopee Liga 1 2019. Bali United disaingi Persipura Jayapura selain Madura United.