UNTUK INDONESIA
Ancaman Pertamina untuk SPBU Bandel Sumatera Barat
Pertamina mengancam memutus kerjasama SPBU yang tetap menjual BBM solar bersubsidi kepada truk industri di Sumatera Barat.
Kondisi salah satu SPBU di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. (Foto: /Teddy Setiawan)

Padang - Badan Pengatur Hilir (BPH) Migas menemukan penyaluran tidak tepat sasaran, penyebab utama kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM) solar bersubsidi di wilayah Sumatera Barat (Sumbar) sejak sebulan belakangan.

"Tangki industri harusnya tidak boleh, tapi masih saja mengisi solar subsidi. Padahal kami telah menghitung kebutuhan setahun," kata Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR I, Roby Hervindo kepada Tagar, Selasa 19 November 2019.

Berdasarkan temuan BPH Migas, Sumbar termasuk 10 besar provinsi yang serapan solar bersubsidi tertinggi secara nasional. Bahkan sampai September 2019, serapannya sudah melebihi kuota.

Mungkin dalam bentuk teguran tertulis. Kalau masih abai, kami siap memutus kontrak kerjasama.

Pada periode tersebut, serapan sudah mencapai 404.308 atau lebih tinggi 14 persen dari kuota yang ditetapkan 370 ribu ton. Angka itu tercatat lebih kecil dari tahun lalu yang hanya 437.554 ton.

Pertamina meminta pengelola SPBU tidak menjual BBM jenis solar subsidi pada kenderaan industri seperti tangki CPO, misalnya. Jika tidak diindahkan, pihaknya bakal mengambil sanksi tegas mulai dari teguran bahkan, pencabutan perjanjian kerjasama.

"Mungkin dalam bentuk teguran tertulis. Kalau masih abai, kami siap memutus kontrak kerjasamanya," tuturnya.

Terpisah, Kepala Dinas Energi Sumber Daya Alan dan Mineral (ESDM) Sumbar, Heri Martunis, tak menampik BBM bersubsidi masih banyak dimanfaatkan orang-orang yang tidak sepatutnya menerima. Namun pengawasan masih sulit dilakukan.

"Tahun 2020 pemerintah provinsi bakal membuat regulasi tingkat daerah guna mendukung penyaluran BBM bersubsidi tepat sasaran," katanya. []

Berita terkait
Sumbar Dapat 1,4 Juta Liter Solar Subsidi Sehari
Penyaluran BBM solar bersubdi di Sumatera Barat kini rata-rata 1,4 juta liter setiap hari.
BBM Solar Langka, Pemprov Sumbar Surati Pertamina
BBM jenis solar langka di Sumatera Barat sejak sepekan terakhir. Atas kondisi ini, Pemprov Sumbar menyurati PT Pertamina.
Pertamina Tambah Kuota BBM Solar Sumatera Barat
Pertamina menambah kuota BBM solar untuk wilayah Sumatera Barat. Ini untuk mengantisipasi kelangkaan solar yang terjadi sejak dua pekan terakhir.
0
Jawaban Ganjar saat Ditantang Potong Gaji 85 Persen
Bagaimana jawaban Ganjar Pranowo atas tantangan gajinya dipotong 85 persen?