Anak-anak Usia 6-11 Tahun di Kamboja Vaksinasi Covid-19

Kamboja memulai vaksinasi anak-anak berusia 6 hingga 11 tahun dengan harapan sekolah-sekolah dapat dibuka kembal
Seorang warga Kamboja menerima vaksin AstraZeneca sebagai dosis booster di National Pediatric Hospital di Phnom Penh, Kamboja, 12 Agustus 2021 (Foto: voaindonesia.com - REUTERS/Cindy Liu)

Jakarta – Kamboja memulai vaksinasi anak-anak berusia 6 hingga 11 tahun, pada hari Jumat, 17 September 2021, dengan harapan sekolah-sekolah dapat dibuka kembali dengan aman setelah ditutup selama berbulan-bulan karena pandemi virus corona (Covid-19).

Perdana Menteri Kamboja, Hun Sen, meresmikan program vaksinasi anak-anak itu. Pidatonya yang ditayangkan televisi pemerintah dan laman Facebook-nya disertai tayangan video yang menunjukkan cucu-cucunya dan anggota keluarga muda para pejabat senior lainnya sedang menerima suntikan vaksin.

''Melindungi kesehatan anak-anak dan kehidupan mereka adalah tugas kami. Kami ingin memastikan bahwa begitu mereka kembali ke sekolah, anak-anak ini dan guru-guru mereka aman dari Covid-19,'' kata Hun Sen.

remaja kamboja vaksinasiPara remaja menunggu untuk menerima vaksin Sinovac di sebuah pusat kesehatan di Phnom Penh pada 1 Agustus 2021, saat Kamboja mulai memvaksinasi remaja berusia antara 12 hingga 17 tahun (Foto: voaindonesia.com - AFP/Pring Samrang)

Kamboja sudah memvaksinasi anak-anak yang lebih tua, dan Hun Sen mengatakan ia memerintahkan para pejabat kesehatan untuk mempelajari apakah anak-anak usia 3 hingga 5 tahun juga dapat divaksinasi.

Hampir 72% dari hampir 17 juta penduduk Kamboja telah menerima setidaknya satu suntikan Covid-19 sejak program vaksinasi dimulai pada Februari. Vaksin Sinovac dan Sinopharm dari China umumnya digunakan dalam program itu.

Hun Sen mengatakan prioritas Kamboja dalam pemulihan pandemi adalah membuka kembali sektor pendidikan. Baru setelah itu, katanya, diikuti dengan pembukaan operasi industri jasa, termasuk pariwisata domestik.

Ia mengatakan Kamboja sedang mempertimbangkan untuk mengizinkan masuk turis asing yang telah divaksinasi penuh dalam waktu dekat. Menurutnya, sektor pariwisata sangat penting bagi perekonomian negara itu.

Kamboja memiliki tingkat penularan Covid-19 yang lebih tinggi daripada kebanyakan negara lain di Asia Tenggara.

Kementerian Kesehatan Kamboja, Jumat, 17 September 2021, melaporkan 698 infeksi baru dan 11 kematian, sehingga secara resmi negara itu melaporkan 102.834 kasus dan 2.089 kematian akibat Covid-19 (ab/uh)/voaindonesia.com. []

Kamboja Dukung Vaksinasi Saat Jumlah Kasus Covid-19 Melonjak

Zona Merah Kamboja Warga di Phnom Penh Diancam Jika Protes

Turis di Kamboja Wajib Bayar Deposit Tes Covid-19

Dua WNI Positif Covid-19 Dirawat di Kamboja

Berita terkait
Kamboja Dukung Vaksinasi Saat Jumlah Kasus Covid-19 Melonjak
Di tengah meningkatnya kasus infeksi Covid-19 sementara baru mengakhiri lockdown ketat, Kamboja menggantungkan harapannya pada program vaksinasi
0
Anak-anak Usia 6-11 Tahun di Kamboja Vaksinasi Covid-19
Kamboja memulai vaksinasi anak-anak berusia 6 hingga 11 tahun dengan harapan sekolah-sekolah dapat dibuka kembal