Anak-anak di Yaman Dalam Dekapan Kelaparan

Embargo Arab Saudi terhadap Yaman memicu bencana kemanusiaan tak berkesudahan, kelaparan sebabkan setengah juta anak-anak alami malanutrisi
Korban yang Terlupakan (Foto: dw.com/id)

Jakarta - Embargo Arab Saudi terhadap Yaman memicu bencana kemanusiaan tak berkesudahan. Wabah kelaparan yang menjalar menyebabkan setengah juta anak-anak mengalami malnutrisi. UNICEF mencatat seorang anak tewas setiap 10 menit. Ini kondisi pada tahun 2017 seperti dilansir dw.com/id.

yaman1Kemanusiaan Berakhir di Yaman (Foto: dw.com/id)

Kemanusiaan Berakhir di Yaman - Lebih dari setengah juta anak-anak di Yaman menderita kelaparan dan malnutrisi. Badan PBB, UNICEF, melaporkan kebanyakan hidup di kawasan yang rentan wabah Kolera tanpa akses layanan kesehatan yang memadai. Wabah Kolera yang mengamuk sejak April 2015 diklaim telah menelan 425.000 korban dan menewaskan 2.135 pasien.

yaman2Generasi Kelaparan (Foto: dw.com/id)

Generasi Kelaparan - Bencana kelaparan yang dipicu oleh perang saudara di Yaman menjadi ancaman terbesar buat anak-anak. Saat ini PBB mencatat 537.000 bocah menderita malnutrisi akut dan 1,3 juta anak-anak lain menghadapi kelangkaan pangan. Sejauh ini hanya seperlima pusat bantuan makanan yang masih beroperasi di Yaman.

yaman3Embargo Tak Berkesudahan (Foto: dw.com/id)

Embargo Tak Berkesudahan - Yaman yang mengimpor 90% bahan pangan kerepotan menjamin pasokan di dalam negeri lantaran terkena embargo ekonomi Arab Saudi. Sejak Maret 2015 Riyadh mengobarkan perang terhadap suku Houthi di utara Yaman. PBB memperkirakan setidaknya 10% dari 23 juta penduduk Yaman hidup di kamp pengungsian.

yaman4Nyawa Tanpa Harga (Foto: dw.com/id)

Nyawa Tanpa Harga - Wabah kelaparan akibat embargo terutama dirasakan oleh warga kota Al-Hudaydah. Kota di pesisir Laut Merah itu banyak bergantung dari hasil laut untuk menjamin pasokan pangan. Namun serangan udara yang dilancarkan Arab Saudi dan Amerika Serikat ikut menghancurkan kapal-kapal nelayan. Akibat kelaparan seorang bocah meninggal dunia setiap 10 menit di Yaman.

yaman5Tanpa Air dan Makanan (Foto: dw.com/id)

Tanpa Air dan Makanan - Minimnya infrastruktur pengaliran air dan sanitasi memperparah situasi kemanusiaan. Larangan impor bahan bakar juga mengganggu distribusi air dan makanan untuk penduduk di wilayah terpencil. Kelangkaan bahan bakar juga menciptakan masalah kesehatan lantaran kebanyakan rumah sakit bergantung pada bahan bakar solar untuk memproduksi listrik.

yaman6Korban yang Terlupakan (Foto: dw.com/id)

Korban yang Terlupakan - Perang yang dilancarkan Arab Saudi terhadap suku Houthi yang didukung Iran sejauh ini telah menelan 10.000 korban jiwa. Selain kedua pihak, dua kelompok terror yang berafiliasi dengan ISIS, Anshar al-Syaria dan ISIL-YP, juga ikut meramaikan perang saudara di Yaman. PBB mencatat 1000 bocah meninggal dunia setiap pekan akibat malnutrisi, diare dan infeksi saluran pernafasan (dw.com/id). []

Berita terkait
Amerika Kembali Kirim Bantuan ke Yaman Utara Atasi Kelaparan
Amerika umumkan akan kembali mengirim bantuan ke wilayah Yaman bagian utara yang dikuasai pemberontak atasi bencana kelaparan
2 Juta Anak-anak di Yaman Berisiko Korban Malanutrisi
PBB memperingatkan 2 juta anak-anak di Yaman bisa jadi korban malanutrisi bahkan meninggal jika tidak ada tindakan segera
0
Alasan Erick Thohir Tunjuk Abdee Slank Jadi Komisaris Telkom
Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan alasannya memilih Abdee Slank sebagai Komisaris Telkom, yaitu mendorong pengembangan konten lokal pada Telkom.