Anak Derita Kanker Darah, Ini Biaya yang Harus Dikeluarkan Denada

Berapa biaya harus disiapkan Denada dalam mencari kesembuhan bagi Shakira putrinya dari deraan penyakit leukimia atau kanker darah?
Denada dan Shakira (wajahnya ditutupi). (Foto: Instagram/Denada Tambunan)

Jakarta, (Tagar 23/2/2019) - Pengobatan kanker masih sangat mahal dan tidak terjangkau bagi yang tidak punya jaminan kesehatan karena biayanya mencapai ratusan juta rupiah per bulan.

Bagi orang yang divonis terkena penyakit yang paling ditakuti seperti kanker, hal pertama yang ditakuti bukan masalah sembuh atau tidaknya, tetapi justru apakah mereka memiliki biaya ratusan juta untuk mengobatinya.

Tidak bisa dipungkiri, pengobatan kanker masih sangat mahal dan tidak terjangkau bagi yang tidak punya jaminan kesehatan. Karena biayanya mencapai rata-rata Rp 100 juta per bulan.

"Rata-rata biaya yang dikeluarkan cukup besar, yaitu antara Rp 102-106 juta per bulan," ujar Dr Ulfana Said Umar, Wakil Sekretaris Umum Yayasan Kanker Indonesia (YKI), Menteng, Jakarta Pusat.

Menurut Dr Ulfana, untuk diagnosa awal saja dibutuhkan biaya sekitar Rp 10 jutaan. Apabila bisa dioperasi, minimal butuh Rp 25-29 juta. Jika masih harus radiasi dan kemoterapi biaya yang dikeluarkan Rp 2-6 juta, sementara terapi sebanyak 6 kali.

Sama halnya saat ini yang dialami penyanyi multitalenta, Denada yang sedang memperjuangkan kesembuhan putri kecilnya, Shakira Aurum. Bukan cuma tenaga, tapi dia juga harus berkorban harta yang dimilikinya.

"Menjadi ibu bekerja selalu menjadi tantangan tersendiri. Dan ini menjadi tantangan yang lebih besar lagi untukku sekarang, semenjak pengobatan Shakira dimulai di Singapura. Dan selama aku masih di sini, tidak akan kubiarkan waktu berlalu tanpa aku memberikan yang terbaik untuk anakku. Berada di sampingnya, atau tidak berada di sampingnya karena harus mencari nafkah, adalah sama-sama saat dimana aku sedang berusaha melakukan yang terbaik yang aku bisa untuknya," tulisnya di akun Instagramnya.

Bersama mantan suaminya, Jerry Aurum, Denada telah menghabiskan biaya pengobatan untuk Shakira sebanyak Rp 400 juta.

"Sepuluh hari pertama Mas Jerry sama Denada itu sudah mengeluarkan uang Rp 400 juta," ungkap ibunda Denada, Emilia Contessa, dikutip dari okezone.com.

Sungguh angka yang sangat fantastis, ibu Denada, juga mengungkapkan biaya setiap pekan yang dikeluarkan anaknya. Sementara biaya akhir pekan Denada harus mengeluarkan biaya sekitar 6 ribu dollar Singapura atau sekitar Rp 60 juta.

"Ini sudah satu setengah bulan tiap minggu itu nanti bayar 6 ribu dolar, saya kasihan. Dalam doa saya ya Allah, saya selalu berdoa untuk anak dan cucu saya," tambahnya. []

Baca juga:

Berita terkait
0
Jubir: Prabowo Diserang Isu Miring Lawan Mafia Alutsista
Juru Bicara Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak, mengatakan Prabowo sedang diterpa isu miring saat lawan mafia alutsista.