Curahan Hati Denada, Hadapi Badai Cobaan Penyakit Shakira Putrinya

Bagaimana rasanya ketika pertama mendengar vonis dokter dan apa yang harus dilakukan. Ini curahan hati Denada.
Denada dan putrinya, Shakira. (Foto: Instagram/Denada Tambunan)

Jakarta, (Tagar 23/2/2019) - Putri Denada, Shakira divonis kanker darah atau leukimia, rasanya seperti kertas yang diremas kecil-kecil, hancur. Belum lagi Shakira merasa tidak cantik ketika rambutnya rontok, rasanya pilu.

Itu ungkapan perasaan yang disampaikan penyanyi Denada saat pertama mendengar vonis dokter mengenai penyakit yang mendera Shakira, putrinya.

Penyanyi, Denada serasa disambar petir di siang bolong. Perasaanya mulai dari terkejut hingga hancur akibat anaknya divonis mengidap penyakit kanker darah atau Leukimia, sejak 2018 lalu. Wanita 40 tahun itu pun merasa setiap detik dalam hidupnya adalah perjuangan.

Awalnya, mantan istri Jerry Aurum itu menemukan keanehan pada tubuh anaknya, Shakira usai menghabiskan liburan bersama sang ayah. Saat memandikan Shakira, Denada menemukan luka lebam berwarna biru pada tubuh anaknya itu.

Namun, itu dianggapnya akibat kelelahan atau benturan dengan benda tumpul. Namun, semakin hari lebamnya semakin banyak dan berat badan mengalami penurunan, Denada pun akhirnya membawa anaknya ke rumah sakit.

Setelah mengikuti serangkaian pemeriksaan, Shakira pun kemudian divonis mengidap kanker darah atau leukimia. Denada pun merasa dunia seakan-akan runtuh. Dia tidak dapat menahan air mata tapi masih berusaha menguatkan diri. Mendapat kabar pilu itu, dia sepertinya tidak mau mendengar apa-apa lagi.

"Pas pertama dengar leukemia aku nangis, aku nggak dengar apa-apa lagi. Aku waktu itu berdua sama mama, mama juga berusaha menguatkan aku, tapi aku nggak dengar apa-apa lagi," ungkap Denada saat menjadi bintang tamu acara Brownis TransTv, Jumat (3/8/2018).

Dia benar-benar merasa seperti kertas yang diremas kecil-kecil, hancur. Bahkan sudah tidak mau memikirkan apa pun. Mengingat  merawat Shakira adalah perjuangan baginya.

"Yang aku dengar Shakira leukemia, itu seperti rasanya apa yah... Kayak kertas itu diremas kecil-kecil, seperti itu. Hancur dunia yang di sekeliling, nggak ada lagi yang aku pikirkan. Perjalanan waktu dari situ, sampai sekarang adalah perjuangan buat aku dan Shakira," ucap Denada, dengan penuh kesedihan.

Tanpa pikir panjang, Denada memutuskan untuk membawa anaknya, Shakira berobat ke salah satu rumah sakit di Singapura. Justru menjadi beban baginya.

Putri Denada itu harus menjalani pengobatan kemoterapi, yang pada umumnya dialami setiap pengidap kanker. Anaknya yang masih kecil itu pun disibukkan dengan berbagai pemeriksaan, seperti pemeriksaan darah dan yang lainnya, membuat ibunya, Denada tidak bisa tidur dan makan.

"Misalnya besok Shakira mau tes darah, kita nggak bisa tidur. Ya Allah semoga bagus hasilnya, bagus hasilnya. Berdoa terus, jadi ya ga bisa tidur, nggak bisa makan, nggak bisa ngapa-ngapain," tutur Denada.

Anak DenadaPutri penyanyi Denada, Shakira Aurum dijenguk Presiden Joko Widodo di National University, Kamis (21/2/2019). (Foto: Instagram/@denadaindonesia)

Bahkan dirinya juga sedih ketika melihat gadis kecilnya muntah-muntah dan tidak selera makan, akibat kemoterapi yang dijalaninya.

"Dia sekian lama nggak bisa makan. Kadang diam aja bisa muntah, karena itu efek kemoterapinya. Sudah dikasih obat anti muntah, anti mual tapi tetap aja. Kita semua tahu obat dan treatment kemoterapi itu treatment yang keras untuk badan," ujar Denada.

Belum lagi akibat kemoterapi yang menyebabkan rambut Shakira rontok yang sangat banyak, dan juga tubuhnya mengalami perubahan. Sehingga timbul pertanyaannya kepada sang ibu.

Shakira kebingungan, saat Shakira ke kamar mandi dan melihat bayangan tubuh serta wajahnya di cermin, mengalami perubahan, serta rambutnya mengalami rontok yang hebat.  Hingga dia selalu bertanya pada ibunya.

“Ibuuu..Shakira ga ada rambutnya!"

Untuk menutupi kesedihan gadis ciliknya itu, Denada menutup kaca kamar mandi dengan beberapa lembaran koran. Hal itu terlihat pada unggahan foto di akun instagramnya.

“Chemo - 2nd protocol. 4th day, 2 malem lalu, akhirnya aku memutuskan untuk nutup kaca di kamar mandi," tulisnya.

Seiring berjalan waktu, rambutnya mulai habis, sehingga dia merasa dirinya tidak cantik. Denada semakin terpukul dengan pertanyaan putrinya.

"Shakira mukanya kenapa begini?? Shakira kenapa botak, Ibu?" tanyanya pada ibunya, dia merasa tidak cantik.

Untuk menenangkan hati putrinya itu, Denada mengatakan, "Shakira tau ga kenapa rambut Shakira rontok? Karena Allah sayang sama Shakira," jelasnya pada Shakira.

"Allah lagi buang semua yang jelek di badan Shakira, termasuk yang ada di rambut Shakira, Allah mau gantikan dengan lebih baik, mulai sekarang setiap kita liat rambut Shakira ada yang rontok, kita bilang ‘Alhamdulillah’ ya Nak," sambung Denada.

Putri Denada, Shakira pun mengangguk pertanda mengiyakan perkataan sang ibu.

"Dia mengangguk, Alhamdulillah," tulis Denada dalam akunnya.

Curhatan hati Denada pun disambut netizen dengan dukungan doa kesembuhan buat gadis ciliknya, Shakira.

"Semoga Shakira di berikan kekuatan , kesabaran , dan semangat semoga Tuhan memberikan mukjizat dan kesembuhan yang sempurna buat Shakira...Tuhan selalu mendengar doa doa kita , yakin dan percaya Tuhan pasti memberikan yang terbaik," komentar pemilik akun nita.nl.

"Sedih bacanya, nyes banget. Semoga Allah angkat penyakitmu Shakira dan Allah beri kesembuhan, amin dan untuk @denadaindonesia diberi kekuatan, kesabaran dan keikhlasan,” tulis akun dw_wiee. []

Baca juga:

Berita terkait
0
Nadiem: Sekolah Tatap Muka Mulai Juli, Tak Ada Kompromi
Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nadiem Makarim akan membuka pembelajaran di sekolah dengan skema tatap muka mulai Juli 2021.