UNTUK INDONESIA
Amien Rais Bakal Terdepak dari PAN?
Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) Bima Arya Sugiarto membeberkan nasib Amien Rais sebagai Dewan Kehormatan, bakal ditentukan Zulkifli Hasan.
Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais. (Foto: Antara/Luqman Hakim)

Jakarta - Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) Bima Arya Sugiarto menyebutkan posisi Amien Rais di kepengurusan PAN periode 2020-2025 akan bergantung dari keputusan Zulkifli Hasan selaku ketua umum.

"Saya belum tahu, Dewan Kehormatan ini prerogatif dari ketua umum," kata Bima Arya usai diskusi Evaluasi Publik dan Isu-Isu Nasional dalam 100 Hari Jokowi-Amin, di Jakarta, Minggu, 16 Februari 2020.

Pada kepengurusan DPP PAN periode sebelumnya, Amien Rais menjabat Ketua Dewan Kehormatan, tetapi Bima tidak bisa memastikan posisi Amien pada kepengurusan yang saat ini. 

Baca juga: Kemenangan Zulhas Lunturkan Pengaruh Amien Rais

Bima Arya: Tapi, apakah Pak Amien Rais masih di dalam atau tidak, ini sudah pembicaraan tingkat dewa.

Wali Kota Bogor itu menjelaskan posisi Dewan Kehormatan PAN memang tidak dipilih di dalam kongres, melainkan ditunjuk atau dipilih langsung oleh ketua umum.

"Bang Hatta (Hatta Radjasa) dipilih di kongres sebagai Ketua MPP (Majelis Pertimbangan Partai). Kalau Dewan Kehormatan tidak di kongres, Dewan Kehormatan ditunjuk atau dipilih oleh ketua umum," kata Bima Arya. 

Akan tetapi, Wakil Ketua Umum PAN periode lalu itu memastikan struktur Dewan Kehormatan terdapat di dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) PAN.

"Di AD/ART ada Dewan Kehormatan itu. Tetapi, kita kembalikan ke Pak Zulkifli Hasan, apakah akan menunjuk orang pengganti Pak Amien atau bagaimana, kita belum tahu juga," katanya. 

Bima mengakui bahwa secara prinsip PAN saat ini harus menghimpun semua kekuatan yang dimiliki. untuk mewujudkan target sebagai tiga besar partai pemenang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Baca juga: Usai Kongres, Zulkifli Hasan Akan Datangi Amien Rais

"Itu prinsipnya, jangan ada yang ditinggalkan lah, karena kita targetnya tiga besar nih, enggak main-main. Tapi, apakah Pak Amien masih di dalam atau tidak, ini sudah pembicaraan tingkat dewa," katanya. 

PAN telah melaksanakan Kongres V di Kendari, Sulawesi Tenggara, 10-12 Februari 2020, dan telah menetapkan Zulkifli Hasan sebagai ketua umum periode 2020-2025.

Pada kongres tersebut, sebagaimana diketahui Amien Rais tidak mendukung Zulkifli Hasan sebagai petahana dalam pemilihan ketua umum, tetapi memberikan dukungan kepada calon lain, yakni Mulfachri Harahap. []

Berita terkait
Zulhas Setuju Amien Rais Kompetisi Seperti Smack Down
Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan setuju dengan pernyataan Amien Rais bahwa berkompetisi seperti permainan smack down.
Kans Zulhasan Saat Amien Rais Tak Hadiri Kongres PAN
Pengamat politik Universitas Pelita Harapan Emrus Sihombing menilai ketidakhadiran Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais memengaruhi hasil kongres.
Anak Amien Rais Ingin Beli PSS Bukan untuk Pilkada
Mumtaz Rais berminat membeli saham PSS Sleman. Dia memastikan keinginan membeli Tim Super Elang Jawa bukan untuk kepentingan Pilkada.
0
Provinsi Jawa Timur di Puncak Epidemi AIDS Nasional
Epidemi HIV/AIDS di Indonesia membuka lembaran baru, kalau selama ini kasus paling banyak di Jakarta dan Papua, sekarang pindah ke Jawa Timur