UNTUK INDONESIA
Alat ini Bisa Deteksi Covid-19 dalam Waktu 5 Menit
Perusahaan kesehatan asal Amerika Serikat, Abbott meluncurkan alat pendeteksi Covid-19 yang dapat mengeluarkan hasil dalam waktu lima menit.
Alat Pendeteksi Covid-19 ID NOW. (Foto: Abbott)

Jakarta - Perusahaan kesehatan asal Chicago, Amerika Serikat (AS), Abbott, telah meluncurkan alat pendeteksi virus corona (Covid-19) bernama ID NOW. Alat ini diklaim dapat mendeteksi pasien terpapar virus dalam waktu lima menit.

Dilansir dari laman resmi Abbott, Selasa, 31 Maret 2020, alat berbentuk portable ini dilengkapi dengan sensor uji molekuler yang berfungsi mencari bagian kecil dari RNA virus SARS CoV2, sehingga dapat memperkuat segmen tersebut sampai hasilnya keluar. Hasil deteksi lanjutan bisa dilihat dalam waktu 13 menit.

Kehadiran alat ini diharapkan dapat membantu tenaga medis di seluruh dunia dalam melakukan pengujian Covid-19 dengan cepat. Pasalnya, saat ini pengujian coronavirus masih membutuhkan waktu berhari-hari untuk memastikan pasien terpapar atau tidak.

Abbott berencana meningkatkan produksi mereka dengan target sebanyak 50.000 sampel dalam sehari. Namun, alat pendeteksi ini baru tersedia untuk Amerika Serikat pada April 2020.

Beberapa perangkat juga sudah melalui uji coba di AS. Hasilnya, jika memang semua prosedurnya dijalankan dengan baik, maka hasil data pasien yang keluar akan lebih akurat untuk selanjutnya diambil langkah perawatan yang cepat dan tepat bagi penderita Covid-19.[]

Berita terkait
Bosch Kembangkan Alat Deteksi Coronavirus Rapid Test
Bosch dikabarkan tengah mengembangkan alat tes deteksi virus corona atau rapid test guna membantu pencegahan penyebaran Covid-19 di dunia.
Begini Cara Kerja Rapid Test untuk Deteksi Virus Corona
Begini cara kerja rapid test atau alat uji cepat yang digunakan untuk mendeteksi virus corona atau Covid-19.
Mengenal Rapid Test dan Swab Test untuk Covid-19
Masyarakat awam belum banyak mengetahui dua perbedaan tes coronavirus, yaitu rapid test dan swab test. Berikut penjelasannya.
0
Covid-19 di 17 Negara Eropa Antara 11.000 - 200.000
Penyebaran virus corona baru (Covid-19) di Eropa melanda semua negara bahkan di beberapa negara kasusnya jauh di atas jumlah kasus di China