Alasan Kenapa Cuci Mobil dengan Hidrolik Bahaya

Sistem hidrolik ini mobil diangkat untuk beberapa waktu, jika ada kesalahan sedikit saja maka mobil bisa terjatuh.
Mencuci Mobil dengan Sistem Hidrolik (Foto: Tagar/Pexels/Artem Podrez)

Jakarta – Saat musim hujan kondisi kendaraan menjadi lebih cepat kotor dari biasanya. Solusinya supaya tetap bersih dengan mencucinya, namun beberapa orang malas mencuci sendiri di rumah dan memilih ke tempat pencucian mobil hidrolik. 

Alasannya karena lebih praktis dan bisa dibersihkan sampai bagian bawah mobil. Apalagi harga cuci mobil hidrolik yang tidak terlalu mahal, menjadi pilihan anda yang sibuk atau tidak sempat mencuci mobil sendiri di rumah.

Tapi, mencuci dengan sistem hidrolik dapat menimbulkan resiko untuk mobil. Karena sistem hidrolik ini sama seperti dongkrak, ketika mobil diangkat dan dicuci dalam waktu yang lama akan menyebabkan tekanan. Hal ini akan merusak mobil anda, ada beberapa hal yang sebaiknya anda pikirkan lagi ketika ingin mencuci dengan sistem hidrolik.


Rawan Jatuh

Sistem hidrolik ini mobil diangkat untuk beberapa waktu, jika ada kesalahan sedikit saja maka mobil bisa terjatuh. Penyebab mobil terjatuh karena faktor kesalahan manusia atau hal lain. 

Kalau mobil yang terjatuh sudah pasti mengalami banyak kerusakan, biaya yang dibutuhkan ke bengkel tentu tergantung banyaknya kerusakan. Usahakan selalu ke bengkel resmi saja walaupun mahal ketimbang bengkel umum. Masa perbaikan butuh waktu sekitar sebulan dan hasilnya memuaskan.


Suspensi Jadi Lemah

Pada kendaraan suspensi berperan meredam kejutan, getaran yang terjadi akibat jalan yang rusak sehingga meningkatkan kenyamanan berkendara. Mobil yang dicuci dengan hidrolik, sistem suspensi akan terkunci dan akan terjadi masalah pada spooring. 

Selain itu, shockbreaker juga berpotensi rusak. Kondisi ini rentang menyerang mobil yang sudah berumur lebih dari 5 tahun. Sebenarnya mencuci dengan sistem hidrolik untuk tunggangan baru tidak apa-apa, asalkan dibarengi dengan perawatan rutin. Kalau tidak, akan merusak komponen suspensi yang kalau dihitung-hitung harga perbaikannya juga terbilang mahal.


Cara Aman Mencuci Mobil dengan Hidrolik


Cari Tipe H

Ada dua tipe lift hidrolik yang digunakan tempat pencucian mobil, yaitu huruf X dan H. Kalau huruf X, lift hidrolik ini dapat mengangkat bagian bawah mobil. Kalau ada kesalahan resikonya mobil miring atau terjatuh. Untuk huruf H, lift hidrolik bisa menopang ban mobil, sehingga tipe H lebih mudah, lebih seimbang sehingga dianjurkan untuk mencuci mobil dengan hidrolik huruf H.


Pastikan Mobil Tercover Asuransi

Manfaat asuransi ini melindungi mobil dari berbagai kerusakan, termasuk jika mobil jatuh saat menggunakan sistem hidrolik. Pihak asuransi bisa menuntut bengkel akibat kesalahan tersebut, sehingga anda dapat melakukan klaim asuransi. 

Itulah kenapa asuransi kendaraan sangat penting dan untuk menjamin kerugian pada kendaraan akibat kejadian yang tidak terduga. Jadi cuci mobil hidrolik tetap aman karena ditanggung asuransi mobil.[]


(Egy Setya Ramadhan)


Baca Juga:

Berita terkait
5 Tips Agar Mobil Hemat Bahan Bakar
Selain pemeliharaan, ternyata gaya berkendara juga bisa memengaruhi penggunaan bahan bakar.
Tips Pilih Mobil untuk Merintis Usaha
Pemilihan kendaraan operasional akan sangat berpengaruh terhadap kelancaran usaha, biaya operasional dan keuntungan yang diperoleh.
Agar Tenang dalam Mengemudi Mobil, Terapkan Tips Ini
Salah satu kunci agar tenang dalam mengemudi mobil adalah mengatur posisi duduk, misalnya terkait ketinggian dashboard dan jok.
0
Alasan Kenapa Cuci Mobil dengan Hidrolik Bahaya
Sistem hidrolik ini mobil diangkat untuk beberapa waktu, jika ada kesalahan sedikit saja maka mobil bisa terjatuh.