UNTUK INDONESIA
Alasan Juventus Perpanjang Kontrak Kapten Chiellini
Bek Giorgio Chiellini tetap akan dipertahankan Juventus meski usianya sudah 35. Dia bakal menerima perpanjangan kontrak dari Juve.
Bek Giorgio Chiellini tetap akan dipertahankan Juventus meski usianya sudah 35. Dia segera menerima perpanjangan kontrak dari Juve. (Foto: bleacherreport.com)

Jakarta - Usia tak lagi muda. Namun bek Giorgio Chiellini tetap akan dipertahankan Juventus. Klub tersebut punya alasan mengapa memperpanjang kontrak kapten yang sudah berusia 35 dan memberi 8 Scudetti ini.

Chiellini menjadi pemain veteran kedua setelah kiper Gianluigi Buffon yang menerima perpanjangan kontrak dari Juve. Kontrak bek tim nasional Italia itu sendiri akan berakhir tahun ini. Selain keduanya, tandem Chiellini di jantung pertahanan, Leonardo Bonucci (32), juga akan diperbarui kontraknya. 

Tidak ada halangan yang mengganjal baik dari klub maupun Chiellini terkait kontrak baru itu. Bahkan menurut La Gazzetta dello Sport, penandatanganan kontrak lebih bersifat formalitas belaka. 

Diperbaruinya kontrak Chiellini sesungguhnya tak mengejutkan tetapi juga menunjukkan peran penting sang pemain yang sepertinya tak tergantikan. Mantan pemain AS Roma itu merupakan benteng pertahanan yang sesungguhnya dari I Bianconeri

Bersama Bonucci dan Andrea Barzagli, mereka mendapat julukan The Guardians of the Juventini Galaxy. Hanya, trio itu tak lagi bersama karena Barzagli sudah pensiun. Namun dirinya masih bersama tim karena menjadi asisten pelatih Maurizio Sarri. 

Musim ini Chiellini sesungguhnya absen cukup lama karena cedera ligamen yang parah. Cedera itu membuat dia harus beristirahat selama 6 bulan. Dirinya hanya bermain sekali saat Juve menang 1-0 atas Parma, Sabtu, 24 Agustus 2019. Dan, satu-satunya gol La Vecchia Signora justru dihasilkan oleh Chiellini. 

Namun dia kemudian menepi setelah mengalami cedera saat latihan. Ban kapten pun diserahkan rekannya, Bonucci. Setelah pulih, dia sempat 2 kali dimainkan. 

Namun Chiellini absen saat Juve menang 2-0 atas Inter Milan dalam Derby d'Italia di Stadion Allianz. Ini menjadi laga terakhir sebelum dihentikannya kompetisi karena pandemi Covid-19

Meski cukup lama absen, namun Juve tetap mempertahankan Chiellini. Padahal tim sesungguhnya tak terlalu membutuhkan dirinya. Saat sang kapten absen, pertahanan tim tetap solid. Mereka hanya kemasukan 24 gol atau terbaik kedua setelah Lazio. Juve juga tetap bertengger di puncak klasemen Serie A Italia. 

Namun peran penting Chiellini yang menjadikan klub tetap mempertahankannya. Dia tidak hanya salah satu pemain senior yang dihormati tetapi juga seorang leader. Ini ditopang dengan temperamennya yang tenang, bahkan saat menghadapi tekanan. Dia memiliki determinasi tinggi dan tak pernah hilang konsentrasi. 

Chiellini juga menunjukkan loyalitasnya di Juve. Saat tim disanksi turun kasta ke Serie B karena kasus Calciopoli, dia tetap bertahan. Jadi, tidak ada alasan bagi Juve untuk tidak memberinya kontrak baru kepada bek andalannya yang sudah 507 kali bermain sejak bergabung pada 2005 ini. []

Berita terkait
Di Juve, Buffon Lebih Beruntung Ketimbang Del Piero
Kiper veteran Gianluigi Buffon menerima tawaran kontrak baru dari Juventus. Setidaknya Buffon lebih beruntung ketimbang Del Piero, eks koleganya.
Ronaldo Ingin Tinggalkan Juventus Menuju PSG
Juventus ingin mempertahankan sang bintang, Cristiano Ronaldo sampai 2024. Namun Ronaldo ingin hengkang dari Turin dan bergabung ke klub lain.
Juve Potong Gaji Pemain, Ronaldo Rugi Rp 157 Miliar
Juventus memotong gaji pemain akibat krisis yang disebabkan covid-19. Dipotong 30 persen, Cristiano Ronaldo mengalami kerugian Rp 157 miliar.
0
Alasan Juventus Perpanjang Kontrak Kapten Chiellini
Bek Giorgio Chiellini tetap akan dipertahankan Juventus meski usianya sudah 35. Dia bakal menerima perpanjangan kontrak dari Juve.