UNTUK INDONESIA
Di Juve, Buffon Lebih Beruntung Ketimbang Del Piero
Kiper veteran Gianluigi Buffon menerima tawaran kontrak baru dari Juventus. Setidaknya Buffon lebih beruntung ketimbang Del Piero, eks koleganya.
Kiper veteran dan legendaris Gianluigi Buffon menerima tawaran kontrak baru dari Juventus sampai satu tahun ke pdepan. Setidaknya Buffon lebih beruntung ketimbang Alessandro Del Piero, eks koleganya, yang juga legenda La Vecchia Signora itu. (foto: thesun.co.uk)

Jakarta - Kiper veteran Juventus Gianluigi Buffon bakal menerima tawaran perpanjangan kontrak sampai satu tahun ke depan. Kiper legendaris berusia 42 ini setidaknya lebih beruntung ketimbang striker Alessandro del Piero yang juga legenda I Bianconeri.

Buffon sempat meninggalkan Juve yang sudah diperkuatnya 17 tahun dan pindah ke Paris Saint-Germain. Namun dirinya hanya bertahan satu musim kompetisi 2018-19 di Ligue 1 Prancis dan kemudian kembali ke Juve. 

Di klub lama, kiper yang membawa Italia menjadi juara di Piala Dunia 2006 ini menjadi pelapis Wojciech Szczesny. Penampilannya pun tak mengecewakan. Musim ini, Buffon sudah 11 kali berdiri di bawah mistar La Vecchia Signora di berbagai kompetisi. Dia juga menunjukkan kehebatannya menjadi benteng pertahanan terakhir tim. 

Saya tidak tahu apa yang terjadi tahun depan. Memang benar dua tahun lalu saya sudah akan pensiun. Lalu apa yang terjadi, terjadilah

Dari 11 penampilan, Buffon tercatat 3 kali mempertahankan clean sheet termasuk saat menang 2-0 atas Bayer Leverkusen meski gawangnya 9 kali kebobolan. Dia juga berperan membawa Juve ke semifinal Coppa Italia. 

Konsistensi di usia yang sudah di atas 40 ini menjadikan Juve memberikan perpanjangan kontrak kepada dirinya. Apalagi kiper yang sudah 9 kali memenangi Scudetti dan sekali menjadi juara di Serie B Italia ini kepada Tuttosport menyatakan belum ingin pensiun. Ini sekaligus menjawab keraguan dia tentang masa depannya di Juve. 

"Saya tidak tahu apa yang terjadi tahun depan. Memang benar dua tahun lalu saya sudah akan pensiun. Lalu apa yang terjadi, terjadilah," kata Buffon sebelum diperbarui kontraknya. 

"Saya dalam kondisi bagus dan saya masih ingin tetap respek pada mimpi saya saat masih kecil," ujar Buffon yang pernah diejek hanya akan menjadi kiper klub Serie C saat berusia 7 tahun menyatakan keinginannya menjadi kiper klub top Italia.  

Namun mimpi itu menjadi kenyataan. Buffon sukses menjadi kiper Parma yang mengantarkannya ke Turin. Dia direkrut dengan harga 52 juta euro pada 2001 yang menjadikannya sebagai kiper termahal di dunia saat itu.  

Nasib Buffon setidaknya lebih beruntung ketimbang Del Piero yang juga legenda Juve. Dirinya tercatat 19 tahun membela klub tersebut dan meraih berbagai trofi. Del Piero dan Buffon sama-sama menunjukkan loyalitasnya bertahan di Juve saat dikenai sanksi turun ke Serie B karena kasus Calciopoli

Hanya di tengah kompetisi musim 2011-12, Presiden Juve Andrea Agnelli mengumumkan tidak akan memperpanjang kontrak Del Piero yang saat itu usianya sudah 37. Pengumuman itu mengejutkan Del Piero dan sepak bola Italia. 

Apalagi, dirinya yang saat itu masih kapten tim meski jarang dimainkan oleh pelatih Antonio Conte yang juga koleganya di Juve ini tak pernah diajak bicara oleh klub. Meski demikian, performa Del Piero tetap tak menunjukkan penurunan.  

Saat klub ingin memberi penghormatan dengan dipensiunkannya nomor 10 atas nama dia, Del Piero menolak. Menurut dia banyak anak muda yang ingin mengenakan nomor itu saat datang ke Juve. Bisa jadi, ini menjadi jawaban Del Piero yang kecewa karena dicampakkan begitu saja setelah menjadi legenda Le Zebre

Setidaknya Buffon memang bernasib lebih baik di Juve. Dirinya tetap diterima kembali setelah meninggalkan klub tersebut dan bahkan mendapat kontrak baru sebelum menutup kariernya. []

Berita terkait
Milan Vs Juventus, Buffon dan Ibra Jadi Pembeda
Kiper Juventus Gianluigi Buffon bersama Cristiano Ronaldo dan striker AC Milan Zlatan Ibrahimovic menjadi pembeda di laga semifinal Coppa Italia.
Buffon Kembali, Juve Menangi Derby d'Italia di ICC
Kiper Gianluigi Buffon menjadi bintang saat mengantarkan Juventus mengalahkan Inter Milan dalam Derby d'Italia di ICC.
Juve Negatif Corona, Paulo Dybala Jadi yang Terakhir
Semua pemain Juventus akhirnya dinyatakan negatif virus corona. Striker Paulo Dybala menjadi pemain terakhir Juve yang terkena Covid-19.
0
Di Juve, Buffon Lebih Beruntung Ketimbang Del Piero
Kiper veteran Gianluigi Buffon menerima tawaran kontrak baru dari Juventus. Setidaknya Buffon lebih beruntung ketimbang Del Piero, eks koleganya.