Akuisisi DSP Media, RBW Entertainment Fokuskan Bisnis Baru

Belum lama ini RBW Entertainment secara resmi mengakuisisi DSP Media, agensi dari KARA dan MIRAE. Simak ulasannya berikut ini.
Gedung RBW Entertainment. (Foto: Tagar/RBW)

Jakarta – Meskipun agensi di Korea Selatan umumnya menaungi para artis, tak jarang juga agensi itu melangkah jauh ke dalam dunia bisnis. Demi tergapainya tujuan panjang tiap agensi, akuisisi bukanlah hal yang baru untuk saat ini.

Akuisisi ini rupanya juga dilakukan oleh RBW Entertainment, agensi yang menaungi MAMAMOO dan ONEUS. Belum lama ini RBW Entertainment secara resmi mengakuisisi DSP Media, agensi dari KARA dan MIRAE.

RBW diketahui telah menghabiskan dana sekitar 9,32 miliar won. Dana ini telah mencakup 10,08 persen dari total aset dan 29,54 dari modal ekuitas. RBW sendiri berharap ke depannya mereka dapat memperoleh saham DSP dengan lebih dari 51 persen.

Dalam waktu yang akan datang, RBW akan segera menandatangani perjanjian jual beli saham dengan pemegang saham terbesar adalah DSP Media. Dari akuisisi ini, RBW akan memiliki hak pengelolaan, termasuk penggabungan sebagai anak perusahaan.

Dengan dilakukannya penggabungan bisnis antara dua agensi ini, RBW berencana masuk ke dunia bisnis yang terkait dengan metaverse. Akuisisi dengan DSP Media juga menjadi investasi merger dan akuisisi pertama yang dilakukan oleh RBW.

“Dengan akuisisi ini, kami dapat mempersiapkan bisnis baru yang terkait dengan metaverse, seperti NFT, menggunakan IP musik, dengan skala dan kecepatan. Ini adalah kesempatan penting untuk branding generasi berikutnya,” ungkap CEO RBW Kim Jin Woo dilansir dari Koreaboo pada Kamis, 27 Januari 2022.

Kini, RBW telah resmi menjalankan bisnis IP (kekayaan intelektual musik lengkap) dan NFT (non-fungible token). Bersama DSP Media, RBW dapat memanfaatkan lebih dari 1.000 lagu untuk bisnis IP mereka.

Meskipun bisnis IP memberikan keuntungan yang banyak dari hak cipta, bisnis NFT diharapkan akan memberikan keuntungan yang lebih banyak dengan penjualannya.

(Rana Maheswari Ummairah)

Berita terkait
Patut Dicoba! Cara Mudah Berinvestasi pada Bisnis Rumahan
Terdapat banyak cara untuk memulai investasi Anda pada bisnis rumahan yang dibangun sendiri mulai dari nol sebagai berikut.
Cara Menentukan Unique Selling Proposition untuk Sebuah Bisnis
Ini adalah konsep yang bisa Anda modifikasi bentuknya sesuai karakter dan goals perusahaan.
4 Cara Membuat Web Untuk Perkembangan Bisnis
Biaya yang kamu keluarkan untuk mengembangkan bisnis adalah bentuk investasi terhadap bisnismu.
0
Akuisisi DSP Media, RBW Entertainment Fokuskan Bisnis Baru
Belum lama ini RBW Entertainment secara resmi mengakuisisi DSP Media, agensi dari KARA dan MIRAE. Simak ulasannya berikut ini.