UNTUK INDONESIA
Akhir Pekan, Wisata Pantai di Banten Ramai Pengunjung
Sejumlah wisatawan terlihat menikmati akhir pekan di pesisir pantai di Anyer Serang dan Carita Pandeglang kendati masih di masa pandemi
Para wisatawan lokal yang datang mengunjungi Pantai Anyer Serang dan Carita Pandeglang, Minggu 8 November 2020 (Foto:Tagar/Jumri)

Pandeglang - Sejumlah objek wisata yang ada di Anyer Serang dan Carita Pandeglang, Banten ramai dikunjungi wisatawan lokal pada akhir pekan, meski masih dalam suasana pandemi virus corona atau Covid-19.

Pantauan Tagar, Minggu 8 November 2020, walaupun pandemi Covid-19 masih berlangsung, tapi tingkat kunjungan wisatawan lokal ke sejumlah objek wisata di daerah ini masih terlihat tinggi.

Hal tersebut, terlihat dari beberapa objek wisata yang ada di Serang dan Pandeglang, seperti Pantai Pasir Carita, Patai Pasir Putih Florida, Karang Bolong, Pantai Laguni dan tempat wisata lainya masih ramai didatangi warga pada akhir pekan ini.

Salah seorang pengunjung Guruh Adi Riyadi, 29 tahun, mengaku sengaja datang ke Pantai Pasir Putih Anyer untuk mengisi libur akhir pekan. Saat disinggung, perihal wabah virus corona yang sedang merebak, ia mengatakan hal demikian tak mesti disikapi secara berlebihan.

"Sengaja ke Anyer, paling penting kan tetap pakai masker, di tempat wisata juga tidak terlalu padat juga kan, jadi biasa aja," kata Guruh.

Meski tak dipungkiri, dia tetp merasa sedikit cemas dengan adanya virus corona. Namun, ia yakin akan baik-baik saja dan menyerahkan sepenuhnya kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Bismilah aja aman, kita berdoa aja yang terbaik. Kan katanya panas dan air laut juga bisa jadi obat corona. Kita coba aja, ikhtiar namanya juga," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Badan Penyelamat Wisata Tirta Kabupaten Serang, Dede Sulaiman menyebut penyebab wisatawan lokal tetap datang berkunjung memilih pantai karena masyarakat Banten, tidak begitu terpengaruh dengan penyebaran virus corona di daerah ini. 

Pasalnya, pengunjung yang datang ke lokasi wisata juga sudah menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, jaga jarak, selalu mencuci tangan dan tidak berkumpul.

Lebih lanjut Dede menuturkan, protokol kesehatan ini, diterapkan baik oleh para pengunjung yang datang ke tempat wisata. Sehingga mereka aman dari terpaparnya virus corona. Kata Dede, dia bersama seluruh personil selalu melakukan pemantauan di semua titik. Termasuk objek wisata yang ada di Anyer seperti Pantai Laguni, Florida, Karang Bolong dan yang lainya.

"Kita perketat untuk wisatawan yang datang agar menerapkan protokoler kesehatan ketika masuk. Sementara, untuk tingkat pengunjung pada akhir pekan di beberapa lokasi wisatwa tetap tinggi dan tak terpengaruh dengan virus corona. Buktinya, pengunjung yang dayang ke objek wisata florida Pasir Putih tadi lebih dari 1000 orang atau naik 500 orang dari hari biasanya," jelasnya.

Ia berharap agar Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Serang bisa memperhatikan pelaku usaha wisata. Menurut Dede, sampai saat ini, Dispar kabupaten belum memberikan bantuan untuk keamanan di tempat wisata Anyer belum. Terlebih kata Dede dengan situasi corona ini.

"Belum ada bantuan dari Dinas Parawisata Kabupaten Serang. Harapannya bisa aktif turun ke objek wisata, sehingga alat dan perlengkapan keamanannya bisa terpenuhi di Anyer," kata dia.

Terpisah, Kapolsek Carita Iptu Pipih Iwan Hermawan saat dikonfirmasi mengatakan pihaknya hanya bertugas untuk memberikan imbauan kepada pengelola wisata yang ada di wilayah hukumnya.

"Tugas kami, hanya memberikan imbauan, mengedukasi jaga kebersihan sesuai protokol kesehatan. Kalau masalah tutup bukanya, itu bukan ranah kita. Kalau ada pihak Pemkab atau Satpol PP, baru kita dampingi," jelas Pipih. []

Baca juga:



Berita terkait
Pesan Emil Dardak untuk Destinasi Wisata di Banyuwangi
Wakil Gubernur Jatim, Emil Dardak meminta pengelola destinasi wisata di Banyuwangi mempertahankan protokol kesehatan di tengah pandemi.
Wisatawan di Kaki Gunung Merapi dan Keponakan Mbah Marijan
Aktivitas warga di kawasan Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman tidak banyak berubah meski status Gunung Merapi menjadi siaga.
Yuk, Nikmati Sensasi Wisata di Museum Doraemon Jepang
Mau melihat tokoh-tokoh animasi Doraemon, yauk berwisata ke Museum Doraemon di Jepang, dan rasakan sensasinya.
0
Akhir Pekan, Wisata Pantai di Banten Ramai Pengunjung
Sejumlah wisatawan terlihat menikmati akhir pekan di pesisir pantai di Anyer Serang dan Carita Pandeglang kendati masih di masa pandemi