Jakarta - Unsur kejutan bisa terjadi di semifinal lain di Liga Champions saat Ajax Amsterdam menjamu Tottenham Hotspur. Duel di Johan Cruyff Arena, Kamis 9 Mei 2019 dinihari WIB tetap membuka peluang bagi kedua tim untuk meraih tiket ke final. 

Pertandingan semifinal Liga Champions ini akan disiarkan RCTI mulai pukul 02.00 WIB. Ajax sedikit diuntungkan karena memenangkan laga pertama dengan skor 1-0. Ini menjadikan Ajax hanya butuh imbang di laga kedua yang digelar di kandang sendiri. Apalagi, tim asuhan Eric Ten Hag menunjukkan performa bagus. Terakhir, mereka menghajar Willem II 4-0 untuk merebut Piala KNVB. 

Persoalannya, Ajax selalu kesulitan justru saat menjamu lawan-lawannya di kompetisi Eropa. Dari tiga laga home di babak knockout, Ajax tak pernah menang. Mereka ditahan Bayern Munich 3-3 dan Juventus 1-1. Saat menjamu Real Madrid, Daley Blind dkk malah kalah 1-2. 

Hanya, Ajax memang langsung bangkit di laga kedua yang digelar di kandang lawan. Namun kali ini mereka sudah menyelesaikan laga tandang yang menjadi modal bagus untuk menghadapi Tottenham. 

Ten Hag juga bisa menurunkan skuat terbaik. Posisi kiper kembali mengandalkan Andre Onana yang merupakan salah satu kiper yang tampil impresif di Liga Champions. Kiper asal Kamerun ini akan menjadi kunci saat menghadapi permainan ofensif Tottenham. 

Onana akan didukung kapten Matthijs de Ligt yang berduet dengan Blind di jantung pertahanan. Mereka memang membentuk duet bek tengah yang solid. Bek kanan Noussair Mazraoui yang sempat absen di beberapa pertandingan akan kembali menjadi starter. Sedangkan di kiri ada Nicolas Tagliafico. 

Dengan skema 4-2-3-1, Ten Hag menempatkan dua gelandang bertahan, Frenkie de Jong sebagai pengatur irama permainan tim dan Lasse Schone.Gelandang Donny van de Beek akan diberi kebebasan saat beroperasi di belakang striker Dusan Tadic. Di sayap ada David Neres dan Hakim Ziyech. 

Belum Lengkap

Skuat Tottenham masih belum lengkap karena tidak hanya kehilangan striker Harry Kane tetapi juga Harry Winks dan Davinson Sanchez yang cedera paha. Absennya beberapa pemain pilar menjadikan manajer Mauricio Pochettino mengubah skema permainan menjadi 4-2-3-1. 

Di belakang, bek Jan Vertonghen sudah bisa dimainkan. Hanya pemain Belgia ini tetap harus memakai pelindung muka bila kembali menempati posisi di bek tengah. Dia bahu-membahu dengan Toby Alderweireld. Posisi full back diisi Kieran Trippier dan Danny Rose. 

Posisi gelandang bertahan akan diisi Eric Dier dan Moussa Sissoko. Sedangkan tiga di belakang striker ada Christian Eriksen, Dele Alli, dan Lucas Moura. Pemain depan Son Heung-min yang kembali bermain setelah absen di semifinal pertama akan menjadi tumpuan. Dia menjadi ujung tombak yang diharapkan bisa menembus pertahanan Ajax. 

Kekuatan kedua tim memang cukup berimbang. Laga ketat di kandang Tottenham menunjukkan bila kedua tim sama-sama berpeluang lolos. Bursa lebih mengunggulkan Ajax sebagai tuan rumah dan performanya yang konsisten. Kontras dengan Tottenham yang mengalami penurunan. 

Meski demikian, bursa hanya nge-voor Tottenham 1/4 (seperempat). Ajax diprediksi bakal menang tipis. Namun tim tamu tetap berpeluang membuat kejutan. 

Prakiraan Susunan pemain

Ajax Amsterdam (4-2-3-1): Onana-Mazraoui, de Ligt, Blind, Tagliafico; Schone, de Jong; Ziyech, van de Beek, Neres; Tadic

Tottenham Hotspur (4-2-3-1): Lloris-Trippier, Alderweireld, Vertonghen, Rose; Sissoko, Dier; Lucas Moura, Alli, Eriksen; Son

Bursa 

Ajax vs Tottenham Hotspur 0:1/4 (tips Tottenham Hotspur) []

Baca juga: