UNTUK INDONESIA
Ainun Habibie Gemar Jogging, Telaah Manfaatnya
Hasri Ainun Besari atau akrab di sapa Ainun Habibie, ternyata gemar berolahraga, yaitu jogging adalah olahraga kesukaannya.
Presiden kedua RI BJ Habibie bersama Ibu Negara Hasri Ainun Habibie. ( (Foto: AFP/Adek Berry)

Jakarta - Hasri Ainun Besari atau akrab di sapa dengan Ainun Habibie, ternyata gemar berolahraga. Tak ada yang menyangka, jogging adalah olahraga kesukaannya. 

Saat menemani suaminya, BJ Habibie di Jerman, Ainun tidak pernah lupa jogging setiap harinya. Apapun kondisi cuaca disana, tak membuat dirinya melupakan urusan jogging. 

Namun, berhubung di Indonesia banyak polusi atau debu, Ainun memilih jogging di threadmill atau fitness saja di gym. 

Jogging memang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut Tagar rangkumakan sejumlah manfaat dari olahraga yang satu ini. 

1. Menguatkan Jantung

Jika berlari sekurang-kurangnya 16 kilometer dalam seminggu akan mengurangi resiko gangguan tekanan darah. Selain itu, akan membuat kolesterol tidak terendap terlalu lama dalam pembuluh darah. Hal tersebut baik untuk menjaga kebugaran jantung.

Dengan dilakukan secara teratur, jantung akan semakin kuat. Karena Jogging atau lari akan menambah jumlah kapiler serta sel-sel darah merah dalam tubuh. 

Jantung yang terlatih akan memompa jumlah darah yang lebih besar per siklus. Bahkan, saat aliran darah meningkat, konsumsi oksigen juga akan meningkat. Semua jaringan dan organ dalam tubuh akan menerima lebih banyak darah yang kaya akan oksigen dan nutrisi.  

2. Menyingkirkan Stres

Memang untuk melepaskan stres dari tubuh, harus berkeringat. Mungkin jogging jadi salah satu solusinya. 

Ketika berolahraga, tubuh akan melepaskan hormon endorfin, yang dikenal sebagai hormon kebahagiaan. Sehingga, saat kandungan endorfin dalam darah meningkat, maka anda akan mengalami sedikit perasaan euforia dan perasaan depresi pun menghilang. 

3. Membakar Kalori Dalam Tubuh

Jogging memang dilakukan seseorang untuk membakar kalori dalam tubuhnya. Maka dengan cara ini bisa mengurangi berat badan, sebab ketika melakukan jogging, kalori dalam tubuh di bakar hingga 2 kali lipat di bandingkan hanya dengan berjalan kaki

Banyaknya kalori yang terbakar tergantung pada seberapa berat aktivitas jogging yang dilakukan. Selain itu, kalori yang terbakar juga bergantung dengan kondisi berat badan seseorang. 

4. Memperkuat Tulang kaki

Aktivitas jogging dapat meningkatkan sel-sel otot dan tulang. Gerakan yang aktif pada kaki akan membuat sel-sel tulang lebih cepat bermetabolisme. Hal tersebut baik untuk mengganti sel-sel tulang yang rusak dan menggantinya dengan sel-sel yang baru.

Membiasakan diri dengan lari secara rutin, tentu akan menimbulkan efek yang positif bagi tulang dan sendi-sendi dalam tubuh. Hal ini juga baik bagi orang yang berusia lanjut karena mencegah penyakit sendi degeneratif atau ostearthritis.

5. Antipenuaan

Jogging akan menghambat penuaan atau awet muda, karena olahraga ini akan meningkatkan kadar darah dan oksigen ke pembuluh darah kulit. Sehingga membuat kulit terlihat segar dan bercahaya.

Manfaat lari pagi atau jogging ini hanya bisa dirasakan, jika anda memperhatikan batasan dari tubuh sendiri. Jangan paksakan diri, sebaiknya berlatih meningkatkan intensitas jogging secara bertahap.[]

Baca juga:

Berita terkait
Panitia MMB Berbelasungkawa Meninggalnya Pelari Jepang
Panitia dan Organizer Maybank Marathon Bali 2019 Menyampaikan rasa simpati dan belasungkawa atas meninggalnya pelari Jepang saat mengikuti MMB.
De Tjolomadoe Ajak Warga Solo Berlari
Event De Tjolomadoe Run 7.4K ini sejalan dengan semangat HUT ke-74 Kemerdekaan RI yaitu SDM Unggul, Indonesia Maju.
Berbusana Anggun dan Cantik ala Ainun
Berbusana anggun dan cantik ala Ainun Habibie. Ibu negara ke-3 RI ini mencuri perhatian publik keluar dengan mode yang anggun, selaras dipandang.
0
Bocah 4 Tahun di Pamekasan Tewas Mengapung di Bak Mandi
Bocah berusia empat tahun di Pamekasan tewas mengapung di bak kamar mandi rumahnya.