AHY Resmikan Kampung Patani: Saya Senang Jadi Bagian Patani

AHY saat meresmikan Kampung Patani di Bogor, mengajak generasi milenial berinisiatif memajukan pertanian. Menjadi petani bukan profesi tidak keren.
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono akrab disapa AHY meresmikan Pusat Pengendalian Nasional Kampung Patani atau Pandu Tani Indonesia di Cimande, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Jumat sore, 11 Juni 2021. (Foto: Tagar/Partai Demokrat)

Bogor, Jawa Barat - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono akrab disapa AHY meresmikan Pusat Pengendalian Nasional Kampung Patani atau Pandu Tani Indonesia di Cimande, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Jumat sore, 11 Juni 2021. Dalam sambutannya, AHY mengatakan, "Saya senang jadi bagian dari patani."

"Semoga Pusat Pengendalian Nasional Kampung Pantani di Cimande ini, bisa menjadi rumah bersama, bisa menjadi pusat inspirasi yang akan ditularkan ke berbagai daerah di Indonesia, ke berbagai kantor wilayah di 34 provinsi Indonesia, bahkan sampai ke 514 kabupaten/kota. Kita berharap Kampung Patani benar-benar bisa menyejahterakan masyarakat Indonesia terkhusus para petani, nelayan, peternak, dan juga masyarakat pelaku UMKM,” tutur AHY.

Ketum AHY menyampaikan rasa terima kasih atas kerja nyata yang dilakukan seluruh tim Patani. 

“Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Sarjan Tahir Direktur Utama Patani, yang gigih sejak berdirinya Patani sampai dengan hari ini terus bersemangat, berinisiatif untuk bisa mengembangkan dan memajukan para petani di seluruh Indonesia. Tentu saya bangga, langsung kerja nyata, langsung bukti nyata di lapangan. Oleh karena itu, tentu saya senang bisa menjadi bagian dari keluarga besar Patani,” kata Ketum AHY disambut tepuk tangan para peserta acara.

Pada kesempatan kali ini, Ketum AHY juga berkesempatan bersilaturahmi secara virtual melalui aplikasi zoom meeting dengan para anggota Patani di sembilan provinsi. Sembilan provinsi tersebut adalah, Provinsi Sulawesi Selatan berlokasi di Maros, Tompobulu; Provinsi Sumatera Selatan berlokasi di Pamulutan Kabupaten Ogan Ilir; Provinsi Bangka Belitung, Koba, Kabupaten Bangka Tengah; Provinsi Kepulauan Riau berlokasi di Bintan Bunyu, Teluk Bintan, Provinsi Kalimantan Barat, berlokasi di Kota Pontianak; Provinsi Kalimantan Utara berlokasi di Kota Tarakan; Provinsi Jawa Barat berlokasi di Kabupaten Bandung Barat; Provinsi Maluku Utara berlokasi di Ternate Tengah, dan Provinsi DKI Jakarta di Kp. Pulo Kambing, Klender, Jakarta Timur.


Profesi tani itu bukanlah profesi yang tidak keren. Justru sebaliknya, tanpa petani kita susah makan, tanpa petani kita bingung apalagi Indonesia, negara agraria yang besar penuh dengan potensi sumber daya alamnya.


AHYKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono akrab disapa AHY meresmikan Pusat Pengendalian Nasional Kampung Patani atau Pandu Tani Indonesia di Cimande, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Jumat sore, 11 Juni 2021. (Foto: Tagar/Partai Demokrat)


“Assalamualaikum, Mas AHY. Kami adalah salah satu binaan kampung Patani yang menyuplai sayur di Kota Pontianak dan beberapa kabupaten yang lainnya. Tujuh puluh persen kami yang menyuplai sayur-sayuran di Kota Pontianak ini. Kami semua berharap Mas AHY bisa berkunjung langsung di Kampung Patani di sini. Kami siap menunggu,” sapa Ermin Elviani, perwakilan Patani dari Pontianak. 

“Insya Allah Bu, terima kasih banyak, nanti saya datang kembali ke sana ya,” jawab Ketum AHY.

Kepada para Generasi Muda Patani yang baru saja dilantik, Ketum AHY memberikan pesan penyemangat. 

“Semangat ya adik-adik, karena saya melihat generasi pembaharu, generasi milenial yang aktif dan berinisiatif memajukan pertanian Indonesia harus terus kita dukung sampai dengan berhasil meyakinkan bahwa profesi tani itu bukanlah profesi yang tidak keren. Justru sebaliknya, tanpa petani kita susah makan, tanpa petani kita bingung apalagi Indonesia, negara agraria yang besar penuh dengan potensi sumber daya alamnya. Semoga dengan hadirnya adik-adik generasi muda Patani bisa juga menginspirasi anak-anak muda di berbagai daerah untuk terjun ke dalam dunia pertanian dan sekaligus memodernisasi pertanian, memajukan, meningkatkan produktivitas dan tentunya menyejahterakan kehidupan mereka,” pesan Ketum AHY.


AHYKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono akrab disapa AHY meresmikan Pusat Pengendalian Nasional Kampung Patani atau Pandu Tani Indonesia di Cimande, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Jumat sore, 11 Juni 2021. (Foto: Tagar/Partai Demokrat)


Ketum AHY juga menyampaikan arti pentingnya Patani di masa covid seperti sekarang. 

“Kita keluarga besar Patani harus menunjukkan kepedulian. Patani hadir untuk bisa membuat para petani kita semakin bahagia, sesuai dengan tagline-nya make farmers happier, membuat para petani kita bahagia karena kesejahteraannya meningkat, komoditas petaninya juga memiliki nilai yang lebih tinggi lagi. Di masa covid, yang masih mengalami pertumbuhan secara positif ini adalah sektor pertanian. Inilah mengapa Patani menjadi penting peranannya di masyarakat, kita ingin para petani juga terlindungi, kita ingin petani kita dapat terus berproduksi dengan baik dan semakin hari semakin meningkat kesejahteraannya. Mengapa? Karena sekali lagi Indonesia adalah negara agraria yang harus terus dimajukan sehingga pertaniannya tidak hanya sifatnya tradisional tapi menjadi modern yang didukung dengan pendekatan dan teknologi terkini,” kata Ketum AHY.

“Patani bisa menjadi model yang baik bagi hadirnya komunitas-komunitas lain yang juga peduli dengan petani, hadirnya tokoh-tokoh lain yang juga peduli dengan petani, artinya saya AHY bersama keluarga besar Patani mengajak seluruh masyarakat Indonesia di mana pun berada, marilah kita bergandengan tangan untuk memajukan pertanian, perkebunan, perikanan, dan peternakan di Indonesia dengan segala upaya yang bisa kita lakukan hari ini dan ke depan,” lanjut Ketum AHY.

Acara ditutup dengan penanaman pohon trembesi atau dalam bahasa latin Samanea Saman oleh Ketum AHY, di pekarangan kantor pusat pengelolaan Kampung Patani pada titik koordinat 6”43’35.8” LS 106 51’39.2”BT. Pohon trembesi adalah salah satu jenis pohon yang mempunyai daya serap CO2 terbesar. “Dengan mengucap bismillahirahmanirrahim, hari ini bersama para pimpinan dan keluarga besar Patani, saya mewakili yang lainnya menanam pohon trembesi. Semoga pohon ini bisa tumbuh dengan baik,” tutur Ketum AHY. []


Baca juga:  Karakter Politik AHY dan Tantangan Jika Maju Pilpres 2024




Berita terkait
Ridwan Kamil Doakan AHY Saat Demokrat Hendak Dikudeta
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku selalu mendoakan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) apalagi saat Partai Demokrat hendak dikudeta.
AHY Tiga Besar Capres, Demokrat: AHY Harapan Baru Rakyat
Nama Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY berada di urutan ketiga sebagai calon presiden 2024 dalam survei terbaru Akar Rumput Strategic Consulting.
Herzaky Tanggapi Hasto soal PDIP Tutup Pintu untuk PKS Demokrat
Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Demokrat Herzaky Mahendra Putra menanggapi Hasto Kristiyanto soal sulit PDIP koalisi dengan PKS dan Demokrat.
0
AHY Resmikan Kampung Patani: Saya Senang Jadi Bagian Patani
AHY saat meresmikan Kampung Patani di Bogor, mengajak generasi milenial berinisiatif memajukan pertanian. Menjadi petani bukan profesi tidak keren.