UNTUK INDONESIA
Ahok Sempat Melarat Usai Cerai dengan Veronica Tan
Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengaku sempat hidup melarat usai dipenjara dan bercerai dengan Veronica Tan.
Basuki Tjahaja Purnama atau akrab disapa Ahok menjawab pertanyaan wartawan saat tiba di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin, 25 November 2019. (Foto: Antara/Hiro)

Jakarta - Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengaku sempat stres berat usai keluar dari penjara dalam kasus penodaan agama. Sudah jatuh tertimpa tangga pula, dia menyebut setelah bercerai dengan Veronica Tan, dirinya tak lagi bergelimang harta, karena telah diwariskan semua kepada anaknya.

"Perceraian bagi saya itu hal yang merugikan, reputasi hancur, harta habis. Saya keluar mau tinggal di mana. Semua rumah, mobil, dikasih ke anak. Emaknya masih boleh tinggal lagi, masih harus hidupin (anak) lagi," kata Ahok saat diskusi Titik Balik Dari Penjara di gedung Tempo, Palmerah, Jakarta, Senin, 17 Februari 2020.

Ahok menceritakan semasa dirinya menjabat sebagai Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, dia sempat ditanyakan oleh salah satu rekannya mengenai penghasilan selama satu tahun duduk di kursi DKI-2. 

Baca juga: Ahok Bocorkan Revitalisasi Monas Eranya Vs Anies

Ahok mengatakan saat itu dia mengandalkan penuh pemasukan utuh dari posisi yang dia emban. Begitu naik jabatan menjadi DKI-1, dia mengaku penghasilannya malahan menurun.

"Saya bisa simpan 1 miliar-lah dalam setahun jadi Wagub. Begitu saya naik jadi Gubernur, turun jadi 800 juta," katanya.

Perceraian bagi saya itu hal yang merugikan, reputasi hancur, harta habis. Saya keluar mau tinggal di mana. Semua rumah, mobil, dikasih ke anak.

Selain itu, Ahok juga mengaku selama menjadi pejabat publik dia tidak pernah menggunakan kendaraan pribadi. Sebab, dia mendapatkan mobil dinas untuk bekerja sehari-hari menuju Balai Kota Jakarta.

"Karena saya enggak pernah punya mobil pribadi waktu itu, karena ada mobil dinas, ngapain (pakai) mobil pribadi. Ketika anak lulus kuliah, saya beli Rp 500 juta, beli di teman saya, (mobil) robicon jarang dipakai," ujarnya.

Baca juga: Hasil Survei: Ahok Melejit di Atas Jokowi dan Anies

Namun, begitu dirinya dijebloskan ke penjara, semua hartanya habis terutama dengan adanya kasus perceraian. Kendati demikian, banyak temannya yang menaruh perhatian, dengan memberikan bantuan untuk Ahok dan anak-anaknya.

"Banyak teman yang mau bantu saya, tapi tidak ada yang berani pekerjakan saya. Karena takut disebut menerima penista agama," ucap Ahok. []

Berita terkait
Penjelasan Anies Baswedan Gusur Kuliner era Ahok
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membagikan informasi revitalisasi Monas dengan judul ‘Wajah Baru Monas’ yang menggusur kawasan era Ahok.
Ahok Kecewa ke Veronica Tan dan Nikahi Puput Nastiti
Akhirnya Ahok membeberkan alasannya mengapa bercerai dengan Veronica Tan karena kecewa hingga menikahi Puput Nastiti Devi.
Tiga Anak Ahok dari Veronica Tan Belajar Menembak
Nicholas Sean belajar menembak. Momen itu mengingatkan dia pada pesan ayahnya dalam film A Man Called Ahok.
0
Thoriqoh Tampung Aspirasi Warga Kecamatan Dayeuhkolot
Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi PAN Thoqiroh melaksanakan reses ke-2 di Desa Cangkuang Wetan, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung