UNTUK INDONESIA
Ahok Diminta Konsisten Berani Lahirkan Inovasi
Menjabat sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Ahok diminta konsisten dengan berani melahirkan inovasi
Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin, 25 November 2019. (Foto: Antara/Hiro/aww)

Jakarta - Pengamat kebijakan publik Universitas Trisakti, Trubus Rahadiansyah, mengatakan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang menjabat Komisaris Utama (Komut) PT Pertamina (Persero) harus bersikap konsisten. Walau banyak kritik keras terhadap Ahok atas sikap Ahok yang selama ini dianggap terlalu keras, namun, menurut Trubus, hal itu justru  jadi modal untuk membenahi Pertamina.

Trubus mengatakan, Ahok tak perlu mengubah gaya kepemimpinannya. "Iya jadi tetap saja konsisten dengan sikapnya itu kemudian keberanian-keberanian melakukan terobosan-terobosan," kata Trubus kepada Tagar, Senin, 25 November 2019.

Trubus menyebut Ahok merupakan salah seorang figur pemberani saat menjabat. Baginya Ahok juga diyakini dapat melahirkan berbagai ide-ide luar biasa. "Agar bisa membuat inovasi -inovasi untuk membenahi organisasi atau perusahaan korporasi dari Pertamina itu sendiri," ucapnya.

Trubus menyarankan, agar Pertamina yang selama ini dikenal memiliki dalang yang mempunyai permainan-permainan kecurangan dapat diantisipasi bahkan diberantas. Ia bahkan meyakini Ahok dapat merapika struktur dalam tubuh Pertamina.

"Yang mungkin bisa dilakukan perampingan kemudian juga supaya lembaganya lebih gesit. Lalu jabatan-jabatan yang tidak perlu juga dibereskan, artinya dirampingkan, dipangkas," tuturnya.

Bahkan, ia menilai, pemerintah memilih Ahok karena Ahok dirasa mampu membersihkan berbagai praktik kecurangan di Pertamina.

"Jadi pak Erick Thohir ini kan melakukan reformasi birokrasi nya menyeluruh total jadi ada beberapa catatan direksi yang memang harus diganti dan hampir semuanya diganti semua. Sehingga dilingkup Pertamina sendiri memang Ahok ini ditempatkan untuk memberesi atau menyelesaikan persoalan-persoalan yang terkait mafia-mafia minyak," kata dia. []

Berita terkait
Komjen Condro Kirono, Bawahan Ahok di Pertamina
Condro Kirono telah resmi menjabat komisaris PT Pertamina (Persero). Dia mendampingi Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang menjadi komut.
Ahok dan Pergolakan Mafia Migas Pertamina
Pengamat kebijakan publik Universitas Trisakti Trubus Rahadiansyah menilai kehadiran Ahok di Pertamina akan membuat mafia tidak tenang.
Ahok Komut Pertamina, Pengamat: Ada Yang Terusik
Penempatan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sebagai Komisaris Utama Pertamina bisa menjadi ancaman bagi pihak-pihak yang merasa terusik.
0
Empat Warga Sulbar Sembuh dari Covid-19
Empat dari 44 kasus positif Covid-19 di Sulawesi Barat dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang kerumahnya masing-masing.