UNTUK INDONESIA
Agung Laksono Optimistis Duet Airlangga dan Erick
Agung Laksono menilai Airlangga Hartarto dan Erick Thohir memiliki latar belakang yang mumpuni untuk pimpin Komite COvid-19 dan PEN.
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (kedua kanan) berbincang dengan Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo (kiri) dan Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) sebelum memberikan keterangan pers di Kantor Presiden, Jakarta, Senin, 20 Juli 2020. Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) tentang Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional yang di dalamnya mengatur pembentukan tim penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi. (Foto: Antara/Sigid Kurniawan)

Jakarta - Ketua Dewan Pakar Partai Golkar HR Agung Laksono menilai Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Badan Usaha Milik Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memiliki latar belakang yang cukup mumpuni baik dalam pemerintahan, kebijakan perekonomian dan dunia usaha.

Ia yakin keduanya mampu bekerja dengan baik sebagai tim dalam Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang dibentuk Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin, 20 Juli 2020.

"Saya percaya keduanya dapat bersinergi dengan baik dan pemulihan ekonomi Indonesia dapat berjalan lebih baik dan cepat," kata Agung Laksono dalam keterangan tertulis, Rabu, 22 Juli 2020 seperti dilansir dari Antara.

Menurut dia dunia usaha menaruh harapan besar atas terpilihnya kedua tokoh. Karena, kata Agung komite tersebut tidak hanya memperhatikan upaya dalam menekan laju penyebaran Covid-19 saja, tetapi juga aspek perekonomian yang sangat penting bagi iklim usaha dan masyarakat. 

Jadi, menurutnya langkah Jokowi menduetkan Airlangga dan Erick tidak ada kaitannya dengan suksesi di 2024. 

"Pak Jokowi saya rasa sangat tulus memberikan tugas ini ke Pak Airlangga Hartarto dan Pak Erick Thohir semata-mata untuk kepentingan bangsa yang saat ini dilanda pandemi Corona (Covid-19). Di samping itu, duet ini juga membuktikan bahwa di negeri kita tidak kekurangan kader kepemimpinan," ucapnya. 

Optimistis keberhasilan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), kata Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO) Kosgoro 1957 ini bukan hanya dinilai dari duet Airlangga dan Erick. Melainkan menurutnya sosok pendukung lain yang tak kalah kompeten.

"Saya lihat figur-figur yang ada di tim itu seperti para Menko, Kepala BNPB dan beberapa menteri yang ditunjuk adalah orang-orang hebat dan mumpuni yang mampu menangani penanggulangan wabah Covid-19 dan memulihkan perekonomian Indonesia sesuai dengan keinginan Presiden Jokowi," ujarnya. 

Maka dari itu, Agung Laksono mengingatkan ikhtiar tersebut perlu dukungan dan kerjasama masyarakat. Sebab, kerja keras yang baik dari pemerintah menurutnya tidak ada artinya kalau masyarakat tidak membantu, mengingat vaksin baru bisa beredar di awal tahun depan. 

"Jadi dari sekarang sampai awal tahun depan penting sekali disiplin yang ada di masyarakat yang selama ini sudah disampaikan pemerintah sejak awal, yaitu jaga jarak, cuci tangan, pakai masker," tuturnya.

Presiden Jokowi menunjuk Airlangga Hartarto sebagai Ketua sedangkan Erick Thohir ditunjuk sebagai Ketua Pelaksana Komite Penanganan Corona Disease (Covid-19) dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Hal tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2020 tentang Komite Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan Pemulihan Ekonomi Nasional yang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo pada 20 Juli 2020. 

Berikut komposisi Tim Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Ketua Tim Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)

  • Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

Wakil Ketua Tim Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)

  • Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan
  • Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md
  • Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy

Anggota Tim Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)

  • Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati
  • Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian
  • Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto

Ketua Pelaksana Tim Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasionalko

  • Menteri BUMN Erick Thohir

Ketua Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19

  • Doni Monardo

Ketua Satuan Tugas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)

  • Wakil Menteri BUMN Budi Gunawan Sadikin. []
Berita terkait
Alasan Jokowi Pilih Erick Thohir Jadi Ketua Pelaksana
Presiden Jokowi menunjuk Menteri BUMN Erick Thohir sebagai Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19) dan Pemulihan Ekonomi Nasional, kemarin.
Pulihkan Ekonomi, Erick Thohir: Tim Kerja Mati-matian
Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan tugas Tim Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) akan sangat berat.
Komposisi Tim Penanganan Covid-19 & Pemulihan Ekonomi
Presiden RI Jokowi telah menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) untuk pembentukan Tim Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.
0
Tim Olimpiade SMA Kesatuan Bangsa Yogyakarta Dapat 5 Medali
Mewakili Yogyakarta, Tim Olimpiade SMA Kesatuan Bangsa sukses membawa pulang lima medali di ajang Kompetisi Sains Nasional tahun 2020.