UNTUK INDONESIA
Ade Firman Hakim Wafat, Sineas Indonesia Berduka
Wafatnya aktor Ade Firman Hakim membuat deretan sineas di kancah seni peran Indonesia memberikan ungkapan bela sungkawa.
Aktor Ade Firman Hakim dalam kenangan Vino G Bastian. (Foto: Twitter/VinoGBastian__)

Jakarta - Aktor Ade Firman Hakim meninggal dunia dalam usia 31 tahun, pada Senin, 14 September 2020. Kabar duka itu membawa kehilangan tersendiri bagi para insan perfilman nasional, terlihat dari banyaknya sineas di kancah seni peran Indonesia yang memberikan ungkapan bela sungkawa.

Ucapan duka cita, doa dan penghormatan terakhir disampaikan sederet insan perfilman termasuk sutradara Joko Anwar dan Ernest Prakasa. Aktor Vino G Bastian, aktris Acha Septriasa, serta artis teater dan sinema Happy Salma, melalui pernyataan di media sosial mereka.

Sutradara Ernest Prakasa terpantau mengucapkan bela sungkawa dengan menuliskan sanjungan melalui cuitan di media sosial Twitter. Sementara dalam cuitannya, Joko Anwar menuliskan ungkapan kehilangan dengan cara yang lebih sederhana.

"Turut berduka teramat dalam atas berpulangnya Ade Firman Hakim (31). Bukan hanya seorang aktor yang teramat berbakat, tapi juga orang yang teramat baik," tulis Ernest melalui akun @ernestprakasa.

"Turut berduka cita. Selamat jalan, Ade. :((," kata Joko Anwar.

Melalui cuitan di Twitter, Vino G Bastian juga mengungkapkan rasa kehilangan atas wafatnya Ade Firman Hakim. Selain mendoakan, ia juga memuji kualitas akting rekan sesama aktor seni perannya tersebut.

"Innalillahi wainailaihi rojiun.. Selamat jalan Ade @adefirmanhakim yang baik. Karyamu akan selalu kami kenang. Al-Fatihah..," tulis Vino G Bastian.

"Ade @adefirmanhakim akan berperan cukup penting dalam film #BuyaHamka saat Hamka muda mulai menulis karya besarnya #TenggelamnyaKapalVanDerWick," kata dia.

Ade firman HakimAktor Indonesia, Ade firman Hakim. (Foto: Instagram/adefirmanhakim)

Sementara Happy Salma melalui akun Instagram pribadinya, menuliskan ungkapan belasungkawa sebagai keterangan postingan. Dalam pernyataannya, tergambar jelas rasa kehilangan yang ia rasakan atas meninggalnya Ade Firman Hakim.

Melalui tulisan yang sama, Happy Salma juga mengenang sosok Ade Firman Hakim sebagai pribadi yang penuh semangat dan selalu menebar aura positif. Ia bahkan menyebut sang aktor kerap berbagi tawa dengan melemparkan lelucon dan saling goda.

"Secepat itu. Dan setelah engkau pergi. Baru terasa penyesalan mendalam. Hanya sedikit perhatian dan waktuku untukmu @adefirkanhakim terbayang selalu wajah mu yang manis dan teduh," tulis Happy Salma.

"Komentarmu yang selalu positif dan semangat hidup mu yang tinggi. Kamu sabar dan pandai melucu. Kamu ikhlas kalau digoda siapapun dan selalu tawa yang keluar sebagai balasannya," kata dia.

Sedangkan Acha Septriasa melalui postingan di akun Instagram pribadinya, mengunggah foto-foto Ade Firman Hakim sembari mengenang sosok rekan sesama profesinya itu sebagai pribadi yang riang.

Selain itu, Acha juga mengenang momen sewaktu berbincang dengan Ade Firman Hakim saat berada di lokasi syuting yang sama.

"Selamat jalan Ade. Kamu adalah contoh besar buat aku, di mana kamu selalu memperlihatkan raut wajah bahagia sebagai temen, selalu belajar, selalu support dalam bentuk apapun," kata Acha Septriasa.

"Lo adalah orang yang rendah hati, pantang menyerah, dan teman yang baik banget de. Makasih ya de. Gue kehilangan banget elo. Baru sadar waktu gue pendek banget buat mengenal lo. Thanks buat semua yang lo dah sharing sama gue de," kata dia.[]

Berita terkait
Wafat, Yopie Latul Diduga Tertular Covid-19 di Bogor
Yopie Latul meninggal dunia setelah dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 dan diduga terpapar virus corona di sebuah hotel di Bogor.
Piet Pagau Positif Covid-19, Raffi Ahmad Waspada
Raffi Ahmad mengaku jadi lebih waspada dengan penularan virus corona setelah mendengar kabar pamannya, Piet Pagau , positif Covid-19.
Naik Taksi, Penyebab Aktor Piet Pagau Positif Covid-19
Bintang film senior Piet Pagau dinyatakan positif terinfeksi virus corona setelah menjalani sejumlah tes kesehatan.
0
100 Persen Warga Tionghoa Medan Area Bakal Menangkan Bobby
Masyarakat Tionghoa menyatakan akan mendukung Bobby Nasution pada Pilkada Medan 2020.