UNTUK INDONESIA
Achmad Purnomo Positif Corona, Jokowi Segera Swab Test
Presiden Joko Widodo mengaku akan segera menjalani tes usap (swab) Covid-19 usai Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo dinyatakan positif corona.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan pengarahan di Jawa Tengah, Selasa, 30 Juni 2020 (foto: YouTube Sekretariat Presiden /BPMI)

Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengaku akan segera menjalani tes usap (swab) Covid-19 usai Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo dinyatakan positif corona. 

Pasalnya, Jokowi sempat melakukan pertemuan dengan Achmad Purnomo di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Kamis, 16 Juli 2020 lalu.

Saya rasa bapak presiden akan melakukan swab lebih cepat dari biasanya setelah mendengar Wakil Wali Kota Solo positif

"Bapak presiden dan perangkat secara rutin melakukan swab test. Untuk khusus hal Wakil Wali Kota Solo, saya rasa bapak presiden akan melakukan swab lebih cepat dari biasanya setelah mendengar Wakil Wali Kota Solo positif," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada wartawan, Jumat, 24 Juli 2020.

Heru menjelaskan, selama ini pihak Istana Kepresidenan selalu memberlakukan protokol kesehatan secara ketat. Terutama, kata dia, bagi tamu yang hendak masuk ke lingkungan Istana, apalagi ingin menemui Presiden Jokowi.

Ia mengatakan, para tamu yang masuk istana diwajibkan menjalani tes cepat (rapid test) sebelum masuk ke istana. Hal itu dilakukan untuk memastikan kesehatannya para tamu.

Ia menegaskan, protokol kesehatan menjadi hal utama saat ini, terutama setiap kali pertemuan Presiden Jokowi dengan para tamu yang hadir.

"Bapak presiden setiap terima tamu selalu menerapkan protokol kesehatan," ujar Heru.

Lebih lanjut, ia meyakini hingga kini lingkungan istana terjaga dengan steril karena ketatnya penerapan protokol kesehatan untuk menghindari paparan Covid-19.

"Saya yakin dan semoga istana tetap steril, contoh saja saya baru kemarin swab dan hasil nya negatif dan saya sering dan tiap hari berinteraksi dengan bapak presiden," ucap Heru Budi Hartono.

Sebelumnya, diberitakan Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo dinyatakan positif terpapar Covid-19. Ia mengetahui bahwa dirinya dinyatakan positif Covid-19 pada Kamis sore, 23 Juli 2020, kemarin. []

Berita terkait
Gibran Ikut Pilkada, Pernusa: Tak Ada desakan Jokowi
Pernusa menegaskan tidak ada desakan dari Presiden Jokowi atas majunya Gibran Rakabuming Raka pada kontestasi Pilkada 2020 di Kota Solo.
Jokowi Diminta Terima Putusan PTUN Soal Evi Novida
Arse Sadikin menyarankan agar Presiden Joko Widodo menerima putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta soal gugatan Evi Novida Ginting.
Soal Dinasti Politik, Rakyat diminta Adil ke Gibran
Hasto meminta masyarakat bisa menilai dan berlaku adil terhadap warga negara yang berniat mengabdi sebagai calon kepala daerah.
0
Achmad Purnomo Positif Corona, Jokowi Segera Swab Test
Presiden Joko Widodo mengaku akan segera menjalani tes usap (swab) Covid-19 usai Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo dinyatakan positif corona.