Bandung - KH Abdullah Gymnastiar akrab disapa Aa Gym mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk kembali bersatu dan menjaga kebersamaan usai penyelenggaraan Pemilu 2019. Aa Gym mengatakan apa pun hasil Pilpres 2019 adalah takdir terbaik bagi bangsa Indonesia.

Menurutnya, siapa pun nantinya yang terpilih memimpin negeri ini, kebersamaan serta persatuan harus terjaga meskipun perbedaan akan selalu ada.

“Marilah kita jaga kebersamaan ini dan tingkatkan ibadah dan doa agar Allah SWT memberikan takdir terbaik yang paling maslahatnya bagi negara ini setelah dilaksanakan pencoblosan Pemilu kemarin," tutur Aa Gym di Bandung, Jumat 19 April 2019.

Andaikan ada hal-hal yang kurang berkenan dalam pilpres ini mari kita tindak lanjuti sesuai hukum yang berlaku.

Dirinya juga mengajak serta mengimbau masyarakat Indonesia tetap menjaga kerukunan serta menjauhi perilaku-perilaku yang dapat mencederai kebersamaan bangsa ini, baik dari tindakan ataupun melalui tutur kata.

Lebih lanjut dirinya menyampaikan bahwa jikalau ada hal-hal yang dirasa kurang berkenen dari penyelenggaraan pemilu 2019 kemarin, diharapkan dapat diselesaikan melalui jalur hukum yang berlaku di negara Indonesia.

Mensyukuri, bersabar dengan penuh ketenangan adalah hal yang harus kita lakukan bersama saat ini, dalam menunggu hasil yang nyata dari pihak KPU, kata Aa Gym.

"Kita semua mensyukuri dengan kesabaran dan ketenangan, dan andaikan ada hal-hal yang kurang berkenan dalam pilpres ini mari kita tindak lanjuti sesuai hukum yang berlaku," ujar pengasuh Pondok Pesantren Daarut Tauhiid KH Abdullah Gymnastiar.

Sejauh ini hasil hitung cepat (quick count) lembaga-lembaga survei kredibel terdaftar resmi di Komisi Pemilihan Umum (KPU) menunjukkan Jokowi-Ma'ruf menang dalam Pilpres 2019. Sementara Prabowo berdasar survei internal BPN mengklaim kemenangan dalam Pilpres 2019.[]

Baca juga: