5.000 Jemaah Salat Idul Adha Padati Auditorium Unisri Solo

Sekitar 5.000 jemaah memadati Auditorium Unisri Solo saat sholat Idul Adha, Minggu 11 Agustus 2019.
Suasana sholat Idul Adha di Unisri Solo. (Foto: Tagar/Reyma Pramista)

Solo - Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo bekerja sama dengan 18 takmir masjid dan musala di Solo menyelenggarakan Salat Idul Adha 1440 H/2019 di Halaman Auditorium kampus setempat, Minggu, 11 Agustus 2019. Sekitar 5.000 jemaah memadati halaman tersebut.

Demikian disampaikan Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Unisri Solo Ir Kharis Triyono. Kharis mengungkapkan pelaksanaan Salat Idul Adha serentak dipusatkan di halaman kampus tersebut.

"Kerja sama sudah terjalin sejak lama sebelum Kelurahan Kadipiro dilakukan pemekaran. Setiap tahun Salat Idul Adha selalu dilaksanakan serentak di halaman kampus," urainya.

Pemekaran Kelurahan Kadipiro, Kecamatan Banjarsari dilakukan karena jumlah penduduknya cukup banyak. Ada tiga kelurahan baru di Kecamatan Banjarsari, yakni Kelurahan Joglo, Kelurahan Kadipiro dan Kelurahan Banjarsari.

Artikel lainnya: Masjid Agung Solo Ciptakan Alat Jagal Sapi

"Meskipun sudah menjadi tiga kelurahan kerja sama masih terjalin baik. Kekompakan dan ukhuwah masih tetap terjalin sampai sekarang. Buktinya setiap tahun kita selalu mengadakan Salat Idul Adha serentak dihalaman kampus," ungkapnya.

Salat Idul Adha dimulai sekitar pukul 06.00 WIB dengan imam dan khatib Ustaz KH M Izudin Al Fathoni Al Hafidz Mundhir dari Pondok Pesantren Shofwan Abdul Latif Jogorogo, Manyarejo, Plupuh, Sragen.

"Ada 5.000 jemaah yang ikut melaksanakan Salat Idul Adha di kampus Unisri. Mereka berasal dari 18 masjid dan musala di sekitaran wilayah Kadipiro, Banjarsari," kata Sekretaris Lembaga Pendidikan dan Pengamalan Agama Islam (LP2A) Solo, Bambang Hardjanto.

Penyembelihan hewan kurban di Unisri baru akan dilakukan pada Selasa, 13 Agustus 2019. Daging kurban dibagikan kepada masyarakat sekitar kampus yang membutuhkan. Setiap tahun hewan kurban yang disembelih terdiri dari sapi dan kambing.

"Tahun ini hewan kurban yang kita sembeli ada empat ekor sapi dan dua ekor kambing. Daging kurban dibagikan untuk karyawan dan masyarakat di sekitar kampus," urai Humas Unisri Suharno. []

Artikel lainnya: Sidak Hewan Kurban, Pemkot Solo Temukan Kambing Belekan

Berita terkait