5 Makanan yang Dapat Mencegah Hepatitis & Meningkatkan Imun

Baru-baru ini beberapa negara di belahan dunia, termasuk Indonesia sedang diteror oleh penyakit hepatitis akut yang menyerang anak-anak.
Ilustrasi - Makanan yang Dapat Mencegah Hepatitis. (Foto: Tagar/Pixabay)

TAGAR.id, Jakarta - Baru-baru ini beberapa negara di belahan dunia, termasuk Indonesia sedang diteror oleh penyakit hepatitis akut yang menyerang anak-anak. Beberapa sumber informasi mengatakan bahwa hepatitis akut ini disebabkan oleh infeksi virus yang menyebabkan kerusakan pada liver.

Dalam pencegahan pertama bisa dimulai dengan mengonsumsi makanan yang dapat mencegah hepatitis tersebut, salah satunya buah alpukat yang banyak mengandung nutrisi, antioksidan dan kaya akan protein untuk pencegahan virus menginfeksi manusia

Faktor lain penyebab hepatitis ini adalah menurunnya imunitas seseorang yang membuat virus menjadi mudah untuk menginfeksi sel-sel pada tubuh manusia. 

Untuk mencegah hal tersebut bisa dimulai dengan mengonsumsi makanan tertentu yang dapat membantu menjaga sistem kekebalan Anda tetap kuat.


1. Buah jeruk

Hampir semua buah jeruk mengandung vitamin C yang tinggi . Vitamin C ini dianggap bisa meningkatkan produksi sel darah putih, yang merupakan kunci untuk melawan infeksi. 

Agar pencegahan efektif maka disarankan untuk mengonsumsi buah jeruk secara berkelanjutan, dengan jumlah harian sebanyak 75 mg untuk wanita dan 90 mg untuk pria.


2. Brokoli

Brokoli kaya akan vitamin dan mineral, dalam kandungan brokoli terdapat kandungan vitamin A, C, dan E, serta serat dan banyak antioksidan lainnya. 

Agar dapat mempertahankan kandungan brokoli tetap utuh yaitu dengan cara mengolahnya dengan benar, seperti dikukus yang merupakan cara terbaik untuk menyimpan lebih banyak nutrisi dalam makanan.


3. Yogurt

Yogurt dianggap memiliki kandungan untuk melawan infeksi karena di dalam yogurt terdapat vitamin D yang sangat banyak dan bisa mengatur sistem kekebalan tubuh juga dapat dianggap meningkatkan pertahanan alami tubuh terhadap penyakit.

Tips mengonsumsi yogurt dianjurkan dengan menggunakan yogurt tawar untuk meminimalisir tambahan kadar gula yang tinggi, untuk itu penambah rasa dari yogurt bisa memakai buah-buahan segar dan sedikit madu.


4. Kiwi

Seperti pepaya, kiwi secara alami kaya akan nutrisi penting, termasuk folat, potasium, vitamin K , dan vitamin C. Lalu, Vitamin C dalam kiwi dapat meningkatkan sel darah putih untuk melawan infeksi, sementara nutrisi kiwi lainnya berfungsi untuk menjaga seluruh tubuh agar berjalan dengan baik.


5. Pepaya

Pepaya adalah buah lain yang sarat dengan vitamin C. Anda dapat menemukan jumlah vitamin C yang dibutuhkan setiap hari dalam satu buah berukuran sedang.

Pepaya juga memiliki enzim pencernaan yang disebut papain yang memiliki efek anti-inflamasi dan Pepaya memiliki jumlah potasium , magnesium, dan folat yang bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan.

( Iskandar Isnan )

Berita terkait
18 Kasus Dugaan Hepatitis Akut Terdeteksi di 7 Provinsi
Syahril juga menekankan bahwa semua pasien dengan dugaan hepatitis akut tersebut negatif Covid-19
Apakah Covid-19 Berperan dalam Misteri Kasus Hepatitis Akut pada Anak-anak?
WHO mengatakan hipotesis utama dalam peneleitian terhadap kasus hepatitis tersebut tetap pada kasus yang melibatkan adenovirus
Menkes Budi Sadikin Beberkan Cara Mencegah Hepatitis Akut
Menkes Budi Gunadi Sadikin minta masyarakat tingkatkan kewaspadaan dan melakukan tindakan pencegahan, salah satuya dengan menjaga kebersihan diri
0
5 Makanan yang Dapat Mencegah Hepatitis & Meningkatkan Imun
Baru-baru ini beberapa negara di belahan dunia, termasuk Indonesia sedang diteror oleh penyakit hepatitis akut yang menyerang anak-anak.