9 Fungsi Microwave Selain Untuk Menghangatkan Makanan

Microwave menjadi salah satu alat dapur favorit yang menjadi andalan banyak orang, termasuk para chef dan pakar kuliner.
Microwave. (Foto: Tagar/Shutterstock)

Jakarta - Microwave adalah salah satu alat dapur favorit yang menjadi andalan banyak orang, termasuk para chef dan pakar kuliner karena microwave dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan selain memanaskan makanan. 

Microwave bisa melakukan multitasking, terutama jika kita sudah memiliki beberapa bahan yang dimasak dengan kompor. 

Cara pengunannya juga mudah karena dilengkapi oleh pengatursan waktu, sehingga tidak perlu khawatir makanan menjadi gosong, ini sanagt cocok digunakan ketika kita sibuk dengan berbagai tugas.

Microwave juga metode yang lebih cepat dalam memasak, ideal untuk pemula karena memangkas waktu memasak dan persiapan.

Dikutip dari Self, inilah 9 kegunaan microwave selain untuk memanaskan makanan.


1. Membuat rempah kering

Penulis Mindful Glow Cookbook, Abbey Sharp, R.D, mengatakan bahwa microwave juga bagus untuk membuat rempah kering. Tapi, Sharp menyarankan kita untuk menggunakan rempah kasar seperti rosemary dan thyme, karena rempah yang halus seperti daun mint dan basil tidak tahan terhadap kekuatan panas microwave. Untuk membuat rempah kering, jajarkan rempah daun diantara dua helai tisu dapur dan panaskan pada suhu tinggi selama 2-3 menit.


2. Mengupas bawang

Bagi sebagian orang, mengupas bawang adalah hal yang menyebalkan karena aromanya tertinggal di badan, ditambah rasa lengket di tangan. Microwave juga bisa digunakan untuk membantu mengupas bawang. Caranya, masukan satu bonggol bawang putih kedalam microwave dan panaskan selama 15-20 detik dengan suhu tinggi. Setelah itu kulit bawang akan lebih mudah dikupas tanpa bantuan pisau.


3. Mengukus ikan

Microwave juga bisa digunakan untuk membuat ikan kukus yang sehat. Caranya, masukan ikan dalam mangkuk yang dangkal, lalu lumuri ikan dengan butter atau minyak zaitun, garam, lada, dan rempah lain sesuai resep yang Anda lihat di buku panduan memasak. Lalu, tambahkan air ke dalam mangkuk dan bungkus menggunakan plastic wrap, kemudian gunakan tusuk gigi untuk membuat lubang - lubang kecil pada plastik wrap untuk mendapatkan sirkulasi udara. Panaskan dalam suhu tinggi selama 6-7 menit. Ikan kukus yang lezat dan sehat siap disantap.


4. Mematangkan pisang

Pisang yang masih mentah ternyata bisa dimatangkan dengan menggunakan microwave, lalu segera dikonsumsi. Untuk mencegah letupan, tusuk kulit pisang dengan garpu ke seluruh kulit pisang, lalu panaskan dalam microwave selama 1-2 menit.


5. Melelehkan butter atau cokelat

Lebih mudah dan cepat melelehkan butter atau cokelat dengan menggunakan microwave, daripada dilelehkan di atas kompor gas. Dengan microwave, Anda cukup masukan cokelat atau butter yang telah di potong-potong dalam mangkuk dan panaskan selama 30 detik sambil diaduk sesekali.


6. Memasak telur

Telur bisa diolah menjadi santapan lezat dengan menggunakan microwave. Fang merekomendasikan Anda untuk mencoba resep Chawanmushi khas Jepang seperti rekomendasi dari Fang. Bahan yang dibutuhkan juga mudah didapat, yaitu terdiri dari 2 butir telur, garam, lada, kucai, air, minyak wijen, dan tamari atau kecap asin. Cara mengolahnya juga sangat mudah, cukup kocok telur, air, dan bumbu kemudian panaskan dalam microwave menggunakan mangkuk selama 3 menit, lalu taburi telur dengan kucai dan sedikit kecap asin.


7. Mengeluarkan seluruh air lemon

Memeras lemon secara manual kadang menyebalkan karena air tidak keluar maksimal. Sebelum diperas, masukkan lemon ke dalam microwave, panaskan selama 15 detik. Ini akan mengeluarkan lemon dengan maksimal saat diperas.


8. Memanggang kentang

Microwave ternyata juga bisa digunakan untuk memberikan memanggang kentang. Caranya, masukkan kentang ke dalam mangkuk dan berikan sedikit air, lalu panaskan selama 5 menit untuk setiap sisi. Cara ini lebih praktis karena Anda tidak perlu lagi melumuri kentang dengan minyak zaitun.


9. Membuat aneka kue

Microvawe dapat digunakan untuk mencoba aneka resep kue lezat. Anda dapat membuat kue di dalam mangkuk kecil atau mug cake. Campurkan telur, tepung, cokelat atau tambahan isian lain, kemudain memasukan ke dalam microwave hingga mengembang. [] 


Baca Juga:

Ingin Diet Karbo? Cobalah 10 Makanan Pengganti Nasi Ini

4 Jenis Makanan yang Dapat Menggangu Kesehatan Usus

















Berita terkait
7 Makanan yang Tidak Boleh Dipanaskan dengan Microwave
Tidak semua makanan boleh dipanaskan dengan microwave, ada beberapa makanan yang bisa menjadi berbahaya jika dihangatkan dalam microwave.
Makanan Rendah Kalori untuk Diet
Beberapa makanan sehat mengandung kalori rendah untuk diet.
Makanan dan Minuman yang Dianjurkan Saat Demam
Demam merupakan respons alami tubuh untuk menghadapi infeksi. Berikut makanan dan minuman yang dianjurkan untuk dikomsumsi orang yang demam.
0
Melihat Epiknya Momen Malam HUT DKI Jakarta Lewat Lensa Galaxy S22 Series 5G
Selain hadir ke kegiatan-kegiatan yang termasuk ke dalam agenda perayaan HUT DKI Jakarta, kamu juga bisa merayakannya dengan jalan-jalan.