Zulhas: Pemerintah Harus Bisa Rebut Hati Rakyat Papua

Ketua MPR Zulkifli Hasan atau Zulhas meminta pemerintah memperlakukan khusus rakyat Papua, tak hanya fokus pada pembangunan infrastruktur.
Ketua MPR Zulkifli Hasan sekaligus Ketua Umum PAN memberi sambutan saat menghadiri perayaan HUT ke-21 PAN di Pluit, Jakarta, Jumat, 23 Agustus 2019.(Foto: Antara/Rivan Awal Lingga)

Jakarta - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan meminta pemerintah memperlakukan khusus masyarakat Papua apalagi dalam hal kesetaraan. Menurut Zulhas, sapaan akrabnya, pemerintah harus fokus merebut hati masyarakat Papua disamping membangun infrastruktur transportasi di sana.

"Hati masyarakat Papua harus direbut, tidak bisa hanya dengan membangun jalan saja dan tidak hanya membangun bandara," kata Zulkifli Hasan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Minggu, 25 Agustus 2019 seperti dilansir dari Antara.

Hati masyarakat Papua harus direbut, tidak bisa hanya dengan membangun jalan saja.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini menyelesaikan masalah Papua tidak boleh dilakukan oleh pemerintah maupun Presiden Joko Widodo sendiri. Karena masalah Papua, menurut dia adalah masalah bersama.

"Harus bersama-sama, tidak bisa pemerintah saja, DPR dan TNI-Polri bisa terlibat. Misalnya kami (PAN) mencalonkan putra terbaik Papua untuk DPR RI, Alhamdulillah dapat dua, itu contoh merebut hati masyarakat Papua," ujarnya.

Menurut dia, peristiwa di Papua ini diibaratkan sebagai 'panggilan yang membangunkan' atau wake up call bagi bangsa Indonesia untuk menjaga kerunkunan anak bangsa. Jika dibiarkan bukan tidak mungkin Indonesia seperti negara lain di dunia yang mengalami kehancuran.

"Karena kalau ada apa-apa dengan Papua, harus hati-hati. Negara besar seperti Uni Soviet saja bisa retak dan pisah karena itu pemerintah Indonesia harus berhati-hati," tuturnya. []

Berita terkait
Upacara Adat Bakar Batu, Solusi Untuk Damai di Papua
Penyanyi Edo Kondologit menyarankan kepada pemimpin daerah Papua Barat, Papua, dan Jawa Timur untuk menggelar pertemuan adat Bakar Batu.
Tokoh Papua di Jakarta Minta Pelaku Rasisme Ditangkap
Pelaku dugaan rasisme di Jawa Timur segera tertangkap oleh kepolisian.
Papua, Anak Emas yang Ngambek
Papua mendadak panas dingin. Mulanya adalah gesekan masyarakat dengan mahasiswa asal Papua di berbagai kota. Tulisan opini Eko Kuntadhi.
0
Ini Alasan Mengapa Pemekaran Provinsi Papua Harus Dilakukan
Mantan Kapolri ini menyebut pemekaran wilayah sebenarnya bukan hal baru di Indonesia.