Yamaha Luncurkan FZ-X, Motor Gaya Retro Berteknologi Tinggi

Yamaha FZ-X bisa menjadi contoh bagi yang ingin memodifikasi Yamaha Byson FI menjadi bergaya retro namun berteknologi tinggi.
Yamaha FZ-X. (Foto: Tagar/Yamaha)

Jakarta - Yamaha kembali merilis produk terbarunya dengan meluncrukan motor FZ-X bergaya retro di India. Jenis ini serupa dengan Byson FI yang dijual di Indonesia.

FZ-X tersedia dalam dua tipe dengan harga 1,17-1,2 lakh rupee atau sekitar Rp 23 juta - Rp 24 jutaan. Dikutip Tagar dari Zigwheels, motor ini memiliki lampu utama bulat, cover tangki model teardrop, jok berkonsep "tuck and roll".

Raiser tinggi dengan setang lebar, membuat posisi berkendara tegak. Beberapa ornamen perak dan hitam semakin memperkuat nuansa klasik. Terlihat di cangkang lampu depan, spion, pelek, engine guard dan under cowl.

Meski mengawinkan desain klasik, penyematan fitur sudah modern. Di dalam headlamp yang bulat, sudah tersemat lampu berteknologi LED, lengkap dengan DRL. Tapi sinyal belok masih pakai model lama alias bohlam.


Yamaha FZ-X.Yamaha FZ-X. (Foto: Tagar/Yamaha)


Bentuknya sama dengan varian FZ lain. Panel instrumen tampak besar. Sudah full digital, layarnya gunakan negative display serta mendapat fitur konektivitas bluetooth. Peranti canggih itu bisa menghubungkan ponsel pintar pengendara ke motor. Dapat melihat juga kondisi motor melalui smartphone.

Jantung mekanisnya mirip dengan Yamaha Byson FI yang ada di Indonesia. Pakai mesin satu silinder 149 cc berpendingin udara. Dirinya bisa menghasilkan tenaga sebesar 12,4 hp pada 7.250 rpm dan torsi 13,3 Nm.

Komponen di kaki-kakinya tampak identik dengan versi reguler. Depan suspensi teleskopik dan belakang monoshock. Bedanya di sektor depan diberikan peranti tambahan karet pelindung.

Motor ini menggunakan pelek model cast wheels dan sudah disematkan pengereman cakram. Perbedaan tampak jelas dari kulit bundar. Ia pakai jenis dual-purpose agar menunjang tampilan retro.

Yamaha India memilih membuat motor klasik versi mereka sendiri, karena dinilai lebih cocok untuk pasar sana. Motor ini dipastikan tak masuk ke sini, karena Yamaha Indonesia sudah punya XSR 155. Meski begitu, FZ-X bisa menjadi contoh bagi yang ingin memodifikasi Yamaha Byson FI menjadi bergaya retro. []

Baca Juga: Tips Gokil Irit Bensin Saat Touring ala Maxi Yamaha

Berita terkait
Piaggio Kerja Sama Konsorsium Baterai Swap dengan Honda dan Yamaha
Piaggio Group menandatangani perjanjuan kerja sama persiapan konsorsium baterai swap dengan Honda dan Yamaha.
Yamaha Bakal Rilis Skutik Baru Besok, New Mio atau Lexi?
Tagar memprediksi skutik baru yang akan diluncurkan Yamaha besok merupakan versi penyegaran Yamaha Mio M3 atau New Yamaha Lexi.
Yamaha Nmax 155 Connected Resmi Mengaspal, Ini Ubahannya
Skutik MAXI ini merupakan versi upgrade dari Nmax Standar yang dibekali dengan sejumlah fitur baru dan punya pilihan warna baru.
0
Yamaha Luncurkan FZ-X, Motor Gaya Retro Berteknologi Tinggi
Yamaha FZ-X bisa menjadi contoh bagi yang ingin memodifikasi Yamaha Byson FI menjadi bergaya retro namun berteknologi tinggi.