UNTUK INDONESIA

Xiaomi Resmi Merilis Sistem Interface MIUI 12.5

Perusahaan teknologi komunikasi Xiaomi, resmi merilis sistem interface (antarmuka) terbarunya, yakni MIUI 12.5.
Sistem interface Xiaomi MIUI 12.5. (Foto: GSM Arena)

Jakarta - Perusahaan teknologi komunikasi Xiaomi, resmi merilis sistem interface (antarmuka) terbarunya, yakni MIUI 12.5. Sistem termutakhir itu dilepas bersamaan dengan acara konferensi pers peluncuran produk anyar Xiaomi Mi 11.

Sistem terbaru ini hadir dengan sejumlah peningkatan diantaranya penanganan aplikasi yang diptimalkan. Xiaomi MIUI 12.5 kabarnya akan lebih ringan, lebih cepat, dan lebih ekonomis.

UI sistem dikaji ulang di mana penggunaan memori inti akan berkurang 20 persen dan daya 25 persen lebih sedikit. Penggunaan memori menurun rata-rata 35 personel dari versi sebelumnya. MIUI 12.5 membawa kemampuan untuk menerima pemberitahuan dan dapat terhubung dengan mudah ke laptop.

Di mana pengguna bisa melihat notifikasi seluler di laptop, menyalin teks di ponsel lalu ditempel di laptop, serta mengambil tangkapan layar ponsel langsung melalui laptop, dan mengedit file di ponsel langsung dari laptop.

Selain itu, Xiaomi juga membanggakan MIUI 12.5 mempunyai aplikasi bawaan paling sedikit dibandingkan dengan Huawei, Apple, Oppo, Vivo, dan Meizu. Aplikasi bawaan tersebut seperti kamera, telepon, pengaturan, dan tidak ada bloatware.

Sementara itu antarmuka terbaru ini juga menghadirkan wallpaper yang dinamis, yakni wallpaper gunung Four Sisters di Sichuan, China, yang warnanya bisa beradaptasi di kehidupan nyata sesuai dengan cuaca di sekitar pengguna.

Dari segi keamanan dan perlindungan privasi, Xiaomi mengatakan bahwa ini merupakan sistem Android pertama yang sepenuhnya mengaktifkan mekanisme sandbox. Jika ada kebutuhan untuk mengumpulkan informasi sensitif maka aplikasi perlu mengajukan akses dan izin tambahan.

Sistem akan secara otomatis mencegat halaman web yang mencoba mendapatkan informasi sensitif, mencekal unduhan berbahaya dari laman web, dan menambah anti pelacakan internet.

Pihak Xiaomi juga menyatakan bahwa setiap aplikasi di Xiaomi App Store akan mempunyai intruksi privasinya sendiri.

Ponsel Xiaomi yang bisa mengikuti uji beta MIUI 12.5 antara lain, Xiaomi Mi 10 series, Redmi K30 series, Xiaomi Mi 9 dan 9 SE, Redmi K20 dan K20 Pro, Xiaomi Mi CC9e dan CC9 Pro, Redmi 10X 5G dan Pro 5G, Redmi Note 9 5G, Redmi Note 7 dan 7 Pro. []

(Cherryn Lagustya)

Berita terkait
Samsung Diprediksi Gagal Capai Target Penjualan 300 Juta Unit
Perusahaan teknologi komunikasi Samsung, diprediksi tidak akan dapat mencapai target penjualan 300 juta unit ponsel.
Samsung Galaxy M31, Smartphone Pertama Update One UI Core 3.0 Beta.
Samsung Galaxy M31 kini telah diperbarui menjadi perangkat dengan One UI 3.0 terbaru berbasis Android 11.
Ikuti Jejak Apple, Xiaomi Hadirkan Seri Mi 11 Tanpa Charger
Smartphone Xiaomi seri Mi 11 hadir tanpa dilengkapi charger di dalam box, megikuti jejak Apple.
0
Tips Memilih Warna Baju yang Cocok untuk Kulit Sawo Matang
Bagi seorang wanita, memilih warna baju yang cocok dengan warna kulit bukan hal mudah. Terutama untuk kulit sawo matang. berikut tipsnya.