UNTUK INDONESIA
Xiaomi Mau Bikin Ponsel Layar Ganda, Ini Desainnya
Xiaomi mematenkan desain ponsel terbarunya, yaitu desain ponsel layar ganda.
Desain ponsel Xiaomi dengan mekanisme layar lipat horizontal. (Foto: Shot Bytes)

Jakarta - Xiaomi, perusahaan teknologi asal Tiongkok mendaftarkan panten baru ke CNIPA (Administrasi Kekayaan Intelektual Nasional China) untuk dua desain ponsel pintarnya, yaitu desain ponsel layar ganda. Pada desain pertama memiliki mekanisme lipat horizontal dan yang kedua vertikal atau clamshell.

Dikutip dari Shot Bytes, Jumat, 17 Januari 2020, pada desain ponsel dengan mekanisme lipat horizontal, saat kondisi layar tertutup, ponsel ini memiliki dua layar pada sisi luarnya. Pada saat kondisi terbuka, layar ponsel ini akan menyatu seperti dua layar ponsel yang dijajarkan tanpa pembatas.

Xiaomi Layar Lipat VertikalDesain ponsel Xiaomi dengan mekanisme layar lipat vertikal (clamshell). (Foto: Shot Bytes)

Kamera pada ponsel ini terletak di samping layar tepatnya di frame bagian luar. Dengan desain seperti ini, kemungkinan kamera memiliki fungsi ganda yakni sebagai kamera utama dan kamera swafoto (selfie), atau opsi lainnya, kemungkinan Xiaomi akan menanamkan kamera swafoto dibalik salah satu sisi kamera sehingga tidak terlihat di permukaan layar.

Sementara itu, pada desain layar dengan mekanisme lipat clamshell, saat ini belum diketahui arah lipatan ponsel ini, entah ke sisi luar atau sebaliknya. Desain ponsel lipat seperti ini mirip dengan Motorola Razr.

Bila dilihat pada gambar, penempatan kamera utama pada desain yang kedua ini berada di salah satu bagian layar, tepatnya di sisi kiri atas layar, sehingga lubang sensor kameranya terlihat menonjol.

Terkait dua desain tersebut, Xiaomi masih belum memberikan informasi mengenai detail dari ponsel lipat ini.

Dikutip dari GSM Arena, pada 2019 Xiaomi juga sempat dikabarkan akan merilis ponsel lipatnya yang bernama Xiaomi Mi Fold, tapi belum ada kelanjutan mengenai perilisan ponsel ini. Ponsel ini juga dikabarkan memiliki harga yang jauh lebih murah dari kelas ponsel lipat lainnya seperti Samsung Galaxy Fold dan Huawei Mate X.

Xiaomi Mi FoldXiaomi Mi Fold yang direncanakan rilis 2019, tapi sampai saat ini belum ada informasi lebih lanjut. (Foto: gsmarena)

Mi Fold rencananya menggunakan layar OLED yang dibuat oleh Visionox Technology. Untuk bagian dapur pacu, Mi Fold diperkirakan akan menggunakan chipset Snapdragon 855 SoC dengan RAM hingga 10GB. []

Berita terkait
Xiaomi Black Shark 3 5G, Ponsel Pertama Ber-RAM 16GB
Xiaomi akan merilis generasi penerus dari perangkat Black Shark yang diberi nama Black Shark 3 5G.
Harga Xiaomi Mi Note 10 Pro Berkamera 108MP
Xiaomi Mi Note 10 Pro adalah ponsel pintar berkamera 108MP pertama di dunia.
Spesifikasi Xiaomi Mi Note 10 Pro, Rilis 4 Januari
Xiaomi Mi Note 10 Pro yang dilengkapi lima kamera belakang akan menjadi smartphone terbaru pertama yang masuk ke Indonesia tahun 2020.
0
Jokowi Serahkan RUU Ibu Kota Negara Usai Reses DPR
Presiden Jokowi mengatakan RUU Omnibus Law pemindahan Ibu Kota Negara akan diserahkan ke DPR setelah reses.