Wonderful Indonesia Raih Best Creative Destination

Wonderful Indonesia dinobatkan sebagai Best Creative Destination setelah mengalahkan 76 nominasi destinasi dari seluruh dunia.
Salah satu destinasi wisata Wonderful Indonesia. (Foto:Tagar/Kemenparekraf)

Jakarta - Wonderful Indonesia dinobatkan sebagai Best Creative Destination setelah mengalahkan 76 nominasi destinasi dari seluruh dunia dalam ajang Creative Tourism Award 2020.

"Wonderful Indonesia yang dijalankan dengan visi inovatif dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, dalam pelaksanaan program berkelanjutannya berhasil menciptakan sinergi yang baik antara sektor pariwisata, industri kreatif, kerajinan tangan, dan masyarakat lokal," ujar Direktur Creative Tourism Network, Caroline Couret, dalam keterangan tertulis, Jumat, 5 Februari 2021.

Caroline mengatakan, pariwisata kreatif ditandai dengan keterlibatan aktif wisatawan dalam pencarian makna, kegiatan artistik dan kreatif, yang memungkinkan mereka untuk menghargai keaslian budaya lokal di seluruh belahan dunia.

Termasuk menghadirkan program-program berkelanjutan yang bermanfaat bagi masyarakat sekaligus mengoptimalkan sumber daya kreatif, serta memposisikan diri secara internasional sebagai salah satu tujuan paling menarik di seluruh dunia.

"Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dianggap sebagai model di tingkat global dengan perubahan paradigma tersebut. Wonderful Indonesia juga telah menunjukkan ketahanannya di tahun ketika pariwisata sangat terpengaruh," kata Caroline.

Kami tentu mengedepankan pariwisata berkualitas dan berkelanjutan sehingga dapat memberikan pengalaman berwisata yang lebih bagi wisatawan serta memberikan dampak yang besar bagi masyarakat

Sememtara itu, Menteri Parekraf, Sandiaga Salahuddin Uno, mengapresiasi penghargaan yang diterima tersebut.

Wonderful Indonesia, kata dia, merupakan wujud dan komitmen untuk mempromosikan berbagai destinasi bagi untuk wisatawan domestik dan internasional.

"Kami tentu mengedepankan pariwisata berkualitas dan berkelanjutan sehingga dapat memberikan pengalaman berwisata yang lebih bagi wisatawan serta memberikan dampak yang besar bagi masyarakat," kata Sandiaga. []

Baca juga:

Berita terkait
Kementerian ESDM Akan Berkolaborasi dengan Kemenparekraf
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).
Kemenparekraf Bakal Kembangkan Destinasi Geopark Indonesia
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bakal kembangkan destinasi wisata geopark yang ada di Indonesia.
Kemenparekraf Target 6.500 Pelaku Usaha Tersertifikasi
Kemenparekraf menargetkan 6.500 pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif tersertifikasi protokol kesehatan berbasis CHSE.
0
16 Pesawat Militer China Menyusup ke Wilayah Udara Malaysia
Pemerintah Malaysia akan mengeluarkan protes diplomatik terhadap "penyusupan"16 pesawat militer China ke wilayah udaranya