UNTUK INDONESIA

Wisuda saat Pandemi, SBM ITB Gunakan Teknologi Virtual Reality

Di tengah pandemi, SBM ITB menggelar syukuran wisuda dengan teknologi virtual reality (VR).
SBM ITB menggelar syukuran wisuda dengan teknologi virtual reality (VR).

Jakarta - Sekolah Bisnis Manajemen Institut Teknologi Bandung (SBM ITB) menggelar syukuran wisuda dengan teknologi virtual reality (VR). Sebanyak 556 mahasiswa, dengan 317 raih gelar sarjana, 235 gelar magister, dan 4 gelar doktor ikut dalam wisuda virtual tersebut.

Kondisi pandemi memaksa SBM ITB untuk berinovasi dalam penyelenggaraan event. Akhirnya inovasi menggunakan teknologi VR yang dikembangkan menggunakan platform mozilla hub dan unity web based.

"Teknologi ini mulai dikembangkan di Laboratory of Educational Games SBM ITB untuk perkuliahan virtual dan pelatihan berbasis gamifikasi pada tahun ini,” kata Kepala laboratorium Educational Games (LEG) SBM ITB, Nur Budi Mulyono, lewat keterangan tertulisnya, Sabtu 14 November 2020.

Teknologi ini memungkinkan peserta didik untuk berinteraksi layaknya seperti interaksi sehari-hari.

Wisuda virtualSBM ITB menggelar syukuran wisuda dengan teknologi virtual reality (VR). (Foto: dok SBM ITB)

Budi menuturkan, teknologi VR salah satu inovasi yang sedang dikembangkan oleh LEG menuju education 4.0 dan ecosystem based learning yang dicanangkan oleh SBM.

"Teknologi ini memungkinkan peserta didik untuk berinteraksi layaknya seperti interaksi sehari-hari, di dalam dunia virtual yang didesain mirip dengan lingkungan kelas dan ruangan di SBM ITB," ujarnya.

Dalam syukuran wisuda dengan teknologi VR ini, avatar lulusan berprestasi muncul di atas panggung. Kemudian menerima penghargaan yang diberikan Dekan SBM ITB, Utomo Sarjono Putro.

Utomo dalam sambutannya berterima kasih kepada tim yang sudah bekerja keras menyiapkan acara dan melakukan inovasi dengan virtual class technology.

"Kami meyakini masih banyak prestasi institusional dan individu yang menghasilkan solusi eksponensial dan monumental yang tidak dapat disampaikan dalam kesempatan ini," ujar Utomo.

Berita terkait
Wisuda Drive Thru Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kudus
Universitas Muhammadiyah Kudus menerapkan sistem drive thru di acara wisuda 1.161 mahasiswanya.
Aplikasi WhatsApp Luncurkan Fitur Transfer Uang Antar Bank
Para pengguna aplikasi WhatsApp di India dapat melakukan transfer uang secara digital melalui platform pesan singkat tersebut.
Instagram Punya Tampilan Baru, Ada Fitur Reels dan Shop
Kehadiran desain baru ini diharapkan dapat memberikan penyegaran yang dibutuhkan pengguna tanpa meninggalkan nilai inti kesederhanaan Instagram.
0
Wisuda saat Pandemi, SBM ITB Gunakan Teknologi Virtual Reality
Di tengah pandemi, SBM ITB menggelar syukuran wisuda dengan teknologi virtual reality (VR).