UNTUK INDONESIA
Wisatawan China Bakal Dipulangkan dari Sumbar
Mengantisipasi gejolak masyarakat, pemerintah Sumatera Barat, memutuskan untuk memulangkan kembali ratusan wisatawan asal China ke negaranya.
Kedatangan wisawatan asal China di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Minggu 26 Januari 2020. (Foto: Tagar/Muhammad Aidil)

Padang - Kedatangan ratusan wisatawan asal China ke Sumatera Barat (Sumbar), menimbulkan gejolak di tengah masyarakat. Hal ini terkait isu mewabahnya virus corona di Wuhan, China, yang kini menjadi sorotan dunia.

Mereka menyikapi aspirasi masyarakat, secepatnya akan dilakukan pemulangan. Tapi tentu mereka berproses dulu.

Menghindari keresahan masyarakat di Ranah Minang, Pemerintah Provinsi Sumbar memutuskan untuk menunda kedatangan rombongan kedua dari wisatawan asal Cina. Hal ini untuk meredam keresahan dan menjamin keselamatan masyarakat di Ranah Minang.

"Sampai kondisinya benar-benar kondusif, rombongan turis China yang kedua ini di reschedule dulu," kata Kepala Biro Humas Pemprov Sumbar, Jasman Rizal, Senin 27 Januari 2020.

Menurut Jasman, pihaknya juga telah berkomunikasi dengan pihak travel untuk mengurus kepulangan rombongan turis dari China yang sebagian telah berada di Sumbar.

"Tadi saya sudah dapat kontak pihak travel yang mengurus turis dari Kumning, China. Mereka menyikapi aspirasi masyarakat, secepatnya akan dilakukan pemulangan. Tapi tentu mereka berproses dulu mencari transportasi untuk turis ini dan mengurus segala macamnya," tuturnya.

Di sisi lain, lanjut Jasman, ada juga himbauan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, terkait larangan kepada warga China untuk melakukan perjalanan ke luar negeri.

"Ada himbauan juga dari Kemenparekraf, melarang warganya ke luar negeri. Jadi di reschedule kedatangan rombongan kedua turis China ke Sumbar," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Novrial, juga membenarkan bahwa pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan agen travel untuk mengurus kepulangan wisatawan asal China yang sedang berlibur di Sumbar.

"Kami sudah berkoordinasi dengan agen travel, untuk pemulangan rombongan ini," katanya.

Sebelumnya, sebanyak 150 wisatawan asal Kunming, China, rencananya bakal berada di Ranah Minang selama lima hari ke depan. Mereka menginjakkan kaki di Sumbar sejak Minggu 26 Januari 2020 dan kembali pulang ke negaranya pada Jumat 31 Januari 2020. []


Berita terkait
Wisatawan Asal China Lima Hari Keliling Ranah Minang
Ratusan wisatawan asal China berkunjung ke Sumbar. Mereka akan berkeliling ke sejumlah daerah di Ranah Minang selama lima hari ke depan.
Heboh Corona, 150 Warga China Melancong ke Sumbar
Sebanyak 150 turis asal China berwisata ke Sumatera Barat, di tengah merebaknya isi virus corona.
Eks Atlet Tinju Nasional Jambret Mahasiswi di Padang
Mantan atlet tinju nasional asal Sumatera Barat, ditangkap polisi karena diduga menjambret telepon pintar milik seorang mahasiswi di Padang.
0
Jadwal Imsak dan Buka Puasa DKI Jakarta, 1 Mei 2020
Berikut jadwal lengkap imsak, jam salat, dan buka puasa hari ini Jumat 1 Mei 2020, untuk wilayah Provinsi DKI Jakarta dan sekitarnya