UNTUK INDONESIA
WHO: 1320 Orang Terjangkit Virus Corona di 10 Negara
Penyebaran virus corona menurut data WHO meningkat drastis menjadi 1.320 kasus yang terjadi di 10 negara termasuk di Amerika Serikat dan Prancis.
Beberapa petugas medis Rumah Sakit Jinyitan Hospital membawaseorang ke ruang isolasi karena diduga terjangkit virus corona. (Foto:koreatimes.co.kr).

Jakarta - Penyebaran virus corona menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) per 25 Januari 2020, sudah mencapai 1.320 kasus yang terjadi di 10 negara, termasuk di Amerika dan Prancis dan menyebar di beberapa negara Asia.

Berdasarkan laporan situasi terkini, penyebaran novel coronavirus (nCov) atau virus corona, sudah dinaikkan statusnya menjadi kejadian luar biasa (KLB). 

Dari total 1.320 kasus, sebanyak 1.297 orang terjangkit berada di China dan telah mengakibatkan 41 orang meninggal dunia karena terserang penyakit tersebut. 

Beberapa negara yang melaporkan ada manusia terdampak virus corona adalah Thailand sebanyak empat kasus, Jepang tiga kasus, Singapura tiga kasus, Australia tiga kasus, Prancis tiga kasus, Korea Selatan dua kasus, Vietnam dua kasus.

Kemudian di Hong Kong lima kasus, Macau dua kasus, dan Taipei tiga kasus, Amerika Serikat dua kasus, dan Nepal satu kasus.

Baca juga: 7 Penumpang Lion Air dari China Negatif Virus Corona

Kasus penyakit ini melonjak 474 kejadian dibandingkan hari sebelumnya, dan jumlah kematian karena corona melonjak hampir dua kali lipat dari laporan per Jumat 24 Januari 2020, sebanyak 25 orang meninggal. 

Kasus virus corona di China terjadi di 20 provinsi, dan kabupaten-kota di luar Hong Kong, Macau, dan Taipei. Dari 1.287 kasus virus corona yang terjadi di China, sebanyak 237 penderitanya dilaporkan mengalami gangguan kesehatan yang sangat serius. 

Sebanyak 21 orang dari 23 penderita virus corona yang terjadi di luar China, memiliki riwayat bepergian ke Kota Wuhan di Provinsi Hubei, Tiongkok

Sementara, satu kasus virus corona yang terjadi di Australia memiliki riwayat kontak langsung dengan orang yang positif terinfeksi virus corona di Wuhan saat berada di China.

Sedangkan satu orang yang positif terkena virus corona di Vietnam tidak memiliki riwayat bepergian ke China. 

Baca juga: WNA Diduga Terinfeksi Virus Corona di Sorong

Namun, orang yang dirahasiakan identitasnya itu sempat tinggal bersama anggota keluarga yang terjangkit penyakit tersebut setelah berkunjung ke Wuhan. 

Kasus tersebut merujuk bahwa penyakit virus corona ini dapat menular dari manusia ke manusia. 

WHO menyebut status risiko virus corona ini sangat berisiko tinggi untuk di wilayah China, berisiko tinggi untuk wilayah regional Asia, dan risiko sedang untuk skala global. []

Berita terkait
RSU Soetomo Tangani WNA China Diduga Virus Corona
RSU Dr Soetomo Surabaya membenarkan merawat satu WNA asal China yang diduga mengidap virus corona. WNA ini datang di Surabaya sejak 5 Januari.
Heboh Corona, 150 Warga China Melancong ke Sumbar
Sebanyak 150 turis asal China berwisata ke Sumatera Barat, di tengah merebaknya isi virus corona.
Disneyland Hong Kong Ditutup Akibat Virus Corona
Disneyland dan Ocean Park Hong Kong ditutup akibat wabah virus corona, Minggu, 26 Januari 2020.
0
Kesiapan Wisata Pule Payung Kulon Progo Sambut Wisatawan
BOB terus mendampingi pengelola wisata di Yogyakarta dan Jawa Tengah, salah satunya Pule Payung. Berikut kesiapan objek wisata di Kulon Progo.