UNTUK INDONESIA
WhatsApp Dark Mode Resmi Meluncur di iOS dan Android
WhatsApp meluncurkan fitur mode gelap atau dark mode secara global pada Rabu, 4 Maret 2020.
Tampilan mode gelap WhatsApp. (Foto: Antara/HO/Facebook)

Jakarta - Setelah sekian lama menunggu peluncuran resmi WhatsApp fitur mode gelap (dark mode), akhirnya pada hari ini, Rabu, 4 Maret 2020, WhatsApp meluncurkan mode tersebut secara global.

“Akhirnya. Mode gelap untuk WhatsApp #DarkMode,” cuit @WhatsApp, Rabu, 4 Maret 2020, dikutip dari Antara.

Dalam keterangan tertulisnya, Rabu (4/3/2020), WhatsApp mengatakan kehadiran mode gelap menjawab antusiasme dari masyarakat Indonesia yang telah menantikan fitur ini di aplikasi WhatsApp mereka. 

Mode gelap untuk WhatsApp memberikan pengalaman baru dengan tampilan yang lebih segar. Lebih jauh, fitur ini dirancang untuk mengurangi ketegangan mata di lingkungan yang minim cahaya. 

Ketika sebagian besar aplikasi yang menawarkan pengalaman mode gelap memilih untuk menggunakan warna hitam murni, WhatsApp menemukan selama masa uji coba bahwa menyatukan warna hitam dan putih murni dapat menghasilkan kontras yang tinggi sehingga mengakibatkan kelelahan pada mata. 

Oleh karena itu, dalam mode gelap WhatsApp, pengguna akan melihat latar belakang yang memadukan warna abu-abu gelap khusus dan putih tulang (off-white) yang membuat obrolan pengguna lebih ramah untuk mata. 

Untuk mengaktifkan mode gelap, pengguna harus memperbarui versi WhatsApp. Pengguna Android 10 dan iOS13 dapat mengaktifkan mode gelap melalui pengaturan perangkat. 

Sementara itu, pengguna Android 9 dan versi sebelumnya dapat mengaktifkan mode gelap melalui > Pengaturan WhatsApp > Chat > Tema > pilih 'Gelap'. []

Berita terkait
Fitur Dark Mode Akan Hadir di WhatsApp Versi Desktop
Aplikasi chating WhatsApp juga berencana akan menghadirkan fitur dark mode versi web atau desktop.
Cara Jitu Pakai WhatsApp Agar Tidak Kena Hack
Pendiri dan CEO Telegram Pavel Durov pernah mengatakan aplikasi berbagi pesan WhatsApp berbahaya dan mudah diretas hacker.
Waspada Modus Baru Penipuan Online Lewat WhatsApp
Belakangan ini banyak laporan penipuan dan pencurian uang yang dilakukan melalui akun WhatsApp.
0
Anggota DPR Minta Data Penerima Bansos Diperbaiki
Anggota DPR, Intan Fauzi menyebutkan penyaluran dana bansos masih kerap salah sasaran akibat data penerima tidak valid.