Pemerintah Kota Makassar

Warga Rusia Harus ke Polandia Urus Visa Amerika

Warga Rusia yang ingin mengajukan visa imigran ke Amerika Serikat (AS), kini diharuskan untuk mendatangi Kedutaan AS di Warsawa
Sebuah kendaraan milik Kedutaan Besar AS terparkir di depan Gedung Kementerian Luar Negeri Rusia di Moskow saat diplomat AS untuk urusan politik tiba untuk bertemu dengan Wakil Menteri Luar Negeri Rusia pada 12 Oktober 2021 (Foto: voaindonesia.com - AFP/Alexander Nemenov)

Jakarta – Warga Rusia yang ingin mengajukan visa imigran ke Amerika Serikat (AS), kini diharuskan untuk mendatangi Kedutaan AS di Warsawa, Polandia, seperti dikatakan oleh staf Departemen Luar Negeri AS pada Minggu, 24 Oktober 2021.

Perkembangan itu terjadi di tengah ketegangan yang terjadi antara AS dan Rusia, dan pengusiran yang sebelumnya menyebabkan Moskow membatasi staf diplomatik AS di Rusia.

Rusia mengecam langkah AS terkait prose pengajuan visa itu, dan memicu tanggapan keras dari juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova.

Para diplomat AS, tulisnya di Telegram, sejak lama telah "menghancurkan" sistem layanan konsuler di Rusia, menyebabkan prosedur rutin "menjadi terasa seperti neraka."

Sementara itu, pihak Departemen Luar Negeri AS menyalahkan Moskow akan perihal tersebut.

"Keputusan pemerintah Rusia yang melarang AS mempertahankan, mempekerjakan atau mengontrak staf Rusia atau negara ketiga sangat memengaruhi kemampuan kami untuk menyediakan layanan konsuler," kata seorang juru bicara di Deplu AS dalam pernyataan yang diterima Kantor Berita AFP.

Warsawa, Ibu Kota Polandia, terletak sekitar 1.200 kilometer dari Moskow.

Untuk sementara, Kedutaan AS di Moskow hanya bisa memproses "visa diplomatik atau visa resmi." (vm/ft)/AFP/voaindonesia.com. []

Biden Tuduh Rusia Hendak Kacaukan Pemilu Amerika 2022

7 WN Rusia Kena Sanksi Inggris dan Amerika Serikat

Biden Sebut Putin Pembunuh Picu Kriris Baru Amerika Vs Rusia

Amerika dan Rusia Bentrok Soal Staf Kedutaan Kedua Negara

Berita terkait
7 WN Rusia Kena Sanksi Inggris dan Amerika Serikat
Inggris dan Amerika Serikat (AS) beri sanksi kepada agen-agen itelijen Rusia terkait peracunan terhadap Alexey Navalny
0
Warga Rusia Harus ke Polandia Urus Visa Amerika
Warga Rusia yang ingin mengajukan visa imigran ke Amerika Serikat (AS), kini diharuskan untuk mendatangi Kedutaan AS di Warsawa