UNTUK INDONESIA

Warga Gunungkidul Bunuh Diri Gegara Ditagih Utang Rentenir

Perempuan asal Gunungkidul, Yogyakarta nekat gantung diri karena sering ditagih utang oleh rentenir.
Ilustrasi Gantung Diri (Foto: Istimewa)

Gunungkidul - Seorang perempuan berinisial Kot, 51 tahun, warga Kalurahan Krambil Sawit, Kapanewon Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, nekat bunuh diri, Kamis, 12 November 2020. Dia tergantung di pohon gegara ditagih utang oleh bank plecit atau rentenir.

Informasi yang dihimpun, sebelum Kot ditemukan meninggal dunia, perempuan paruh baya ini pergi meninggalkan rumah. Sebelumnya sejumlah warga menyebutkan Kot punya utang Rp 1 juta kepada rentenir dan terus menerus ditagih.

Baca Juga:

Lama tidak pulang rumah, teryata Kot ditemukan meninggal gantung diri. "Mayat ditemukan di sebuah ladang sekitar 100 meter dari rumahnya," kata Kapolsek Saptosari Ajun Komisaris Polisi Awal Mursayanto kepada wartawan, Kamis, 12 November 2020.

Mayat ditemukan di sebuah ladang sekitar 100 meter dari rumahnya.

AKP Awal mengungkapkan, dari informasi warga, korban sering didatangi rentenir untuk menagih utang Rp 1 juta. Bunga yang tinggi membuat korban belum bisa membayarnya.

Selain itu, kata AKP Awal, rentenir setiap datang ke rumah korban saat menagih utang, disertai dengan beberapa ancaman, seperti ruamh akan disita jika tidak mampu mengembalikan utang dan bunganya. 

Baca Juga:

"Besar kemungkinan pelaku depresi. Jadi beberapa penagih datang, korban memilih pergi sejak Rabu tanggal 11 November 2020 dan ditemukan pagi tadi," ungkapnya.

Dalam pemeriksaan dalam tubuh korban tidak ditemukan tanda-tanda penganiayaan. Korba murni melakukan aksi nekat dengan gantung diri. []

Berita terkait
Diduga Cekcok Istri, Suami di Banyuwangi Gantung Diri
Polsek Genteng melakukan olah TKP dan tidak ditemukan kekerasan ditubuh korban. Diduga pria gantung diri karena masalah keluarga.
Suami di Gunungkidul Syok Temukan Istri Gantung Diri
Seorang perempuan tewas gantung diri di Gunungkidul. Orang pertama kali yang melihat adalah suaminya sendiri. Hingga kini suami masih syok.
Anak Pulang Ronda Kaget Melihat Ayah Gantung Diri di Bantul
Seorang kakek berusia 70 tahun di Bantul nekat mengakhiri hidup dengan gantung diri. Orang yang melihat pertama adalah anaknya sepulang ronda.
0
Warga Gunungkidul Bunuh Diri Gegara Ditagih Utang Rentenir
Perempuan asal Gunungkidul, Yogyakarta nekat gantung diri karena sering ditagih utang oleh rentenir.