UNTUK INDONESIA
Warga China Sindikat Penipuan Digerebek Polisi
Polda Metro Jaya menangkap sejumlah warga negara China yang diduga sebagai penipu melalui telepon.
Rilis tersangka penipuan online di polda Sulsel, Jumat (11/1/2019). (Foto: Tagar/Rio Anthony)

Jakarta - Polda Metro Jaya menangkap sejumlah warga negara China yang diduga sebagai penipu melalui telepon. Penangkapan dilakukan setelah penggerebekan di enam lokasi berbeda.

"Tim gabungan Krimsus (kriminal khusus) dan narkoba Polda Metro Jaya telah berhasil melakukan penggerebekan di enam lokasi," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Yusri Yunus, Senin, 25 November 2019.

Yusri menjelaskan lokasi penggerebekan dilakukan di Griya Loka BSD, Perumahan Mega Kebon Jeruk, Kemanggisan, Pantai Indah Kapuk, Perum Intercon, dan Bandengan Tambora.

Pelaku penipuan melancarkan aksi jahatnya menggunakan telepon dengan iming-iming bantuan untuk membantu mengurus masalah pajak. Sasaran yang ditipu merupakan warga negara asing, juga orang China.

"Dimana para pelakunya warga negara asing. Jadi rata-rata ini warga negara dari China atau Tiongkok dan juga korbannya juga sama, korbannya warga negara asing sendiri atau dari China," kata Yusri.

Aksi penipuan ini, kata Yusri sebenarnya sudah menjadi incaran polisi sejak tiga bulan lalu. Hingga akhirnya polisi berhasil menggerebek di enam lokasi tersebut.

"Informasi ini sudah kita dapat kemudian kita lakukan pengintaian dan anggota juga sudah lama mengintai pergerakan mereka," ujarnya. []

Berita terkait
AS Tuding WN China Curi Informasi Rahasia Dagang
Warga negara China, Haitao Xiang yang bekerja di Monsanto telah melakukan pencurian informasi rahasia dagang untuk China.
China Siapkan Langkah Balasan ke AS Soal Hong Kong
China mengecam dan akan menyiapkan langkah-langkah balasan terkait Senat AS yang meloloskan RUU HAM dan Demokrasi Hong Kong.
Polisi China Pukuli Mantan Staf Konsulat Inggris
Mantan pegawai konsulat Inggris di Hong Kong mengaku polisi rahasia China telah memukulinya.
0
Waspada Gelombang Empat Meter di Laut Maluku
Waspada terhadap gelombang tinggi dua meter hingga empat meter yang terjadi di sejumlah perairan laut Maluku.