UNTUK INDONESIA
Warga Abdya Aceh Diminta Jangan Nakal Bakar Hutan
Masyarakat Aceh Barat Daya, Aceh diminta untuk tidak membakar hutan dan lahan.
Kapolres Abdya, AKBP Moh Basori saat memimpin rapat terkait pencegahan bencana di Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh. (Foto: Tagar/Syamsurizal)

Aceh Barat Daya - Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Aceh Barat Daya, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Moh Basori mengatakan Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh merupakan salah satu daerah yang rawan bencana kebakaran hutan dan lahan.

"Sehingga diperlukan kesadaran dari seluruh kalangan masyarakat, agar tidak membuka lahan dengan cara melanggar hukum, merugikan diri sendiri dan orang lain seperti membakar," kata Basori kepada wartawan, Kamis, 5 Maret 2020 di Aceh Barat Daya.

Kabupaten Aceh Barat Daya kini mulai dilanda musim kemarau. Kondisi cuaca seperti ini sambungnya tentu sangat berpotensi terjadinya Karhutlah dan sangat berbahaya bagi kesehatan.

Agar tidak membuka lahan dengan cara melanggar hukum, merugikan diri sendiri dan orang lain seperti membakar.

"Bencana seperti karhutlah dan bencana lainnya tentu bisa saja terjadi kapan saja, dan penanggulangannya merupakan tanggung jawab bersama," katanya.

Menurut Basori, upaya tanggap darurat harus dilakukan dalam mengantisipasi potensi bencana di wilayah Abdya. Ini dirasa perlu agar dampak bencana serta korban dapat diantisipasi.

"Sehingga kerusakan lingkungan akibat bencana dapat dikendalikan, termasuk korban jiwa," sebutnya.

Dengan membakar hutan, sambungnya, sangat banyak kerugian yang akan timbul, Karhutlah akan berdampak pada rusaknya ekosistem dan musnahnya flora dan fauna yang tumbuh dan hidup di hutan, asap juga menjadi polusi udara yang dapat menyebabkan penyakit pada saluran pernafasan, seperti Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA), asma, penyakit paru obstruktif kronik.

"Selain itu, asap bisa mengganggu jarak pandang, terutama untuk transportasi penerbangan, juga banyak kerugian lain, jadi kita imbau untuk tidak membakar hutan," katanya. []

Berita terkait
Polisi Aceh Razia Toko dan Apotek Penimbun Masker
Polresta Banda Aceh, Aceh mulai mengantisipasi penimbunan masker pasca munculnya dua orang yang positif virus corona di Indonesia.
Stok Kosong, BPBK Abdya Aceh Butuh 10 Ribu Masker
Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Aceh Barat Daya kekosongan stok masker saat ini.
Stok Masker di Puskesmas Abdya Aceh Cukup Tiga Bulan
Dinkes Abdya Aceh memastikan stok masker untuk seluruh Puskesmas aman hingga bulan Mei 2020 mendatang.
0
Gara-Gara Han So Hee, Kata Pelakor Go International
Kata Pelakor tembus ke dunia internasional setelah komentar bernada negatif dari netizen Indonesia kepada aktris drama Korea Selatan Han So Hee.