Wamenkes: Pasokan Oksigen di Luar Jawa-Bali Masih Cukup

Wamenkes Dante Saksono Harbuwono mengatakan pasokan oksigen di luar wilayah Pulau Jawa dan Bali masih cukup untuk pasien Covid-19 yang membutuhkan.
Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono. (Foto: Tagar/Dok Sekretaris Kabinet)

Jakarta - Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono menyampaikan bahwa pasokan oksigen di luar wilayah Pulau Jawa dan Bali masih cukup untuk pasien Covid-19.

Ia mengatakan penyediaan obat dan oksigen untuk penanganan Covid-19 ke beberapa rumah sakit yang membutuhkan terus diupayakan untuk menekan angka kematian Covid-19.


Komponen yang paling penting untuk melakukan kontrol pada kasus kematian adalah treatment.


Dante juga mengatakan bahwa angka kematian dapat dikontrol dengan meningkatkan upaya pengobatan pada para pasien Covid-19 yang kian hari kian melonjak.

"Komponen yang paling penting untuk melakukan kontrol pada kasus kematian adalah treatment," ujar Dante dalam konferensi pers mengenai Perpanjangan dan Pengetatan Pelaksanaan PPKM Mikro dipantau secara daring di Jakarta, Senin, 5 Juni 2021.

Di mata Dante usaha pengobatan yang dilakukan adalah antara lain dengan penyediaan obat yang cukup di daerah seluruh Indonesia, agar semuanya terlaksana.

"Kemudian juga melakukan penyediaan oksigen yang cukup di rumah sakit," katanya.

Pemerintah, kata Dante, akan terus berupaya meningkatkan kapasitas tempat tidur, cakupan vaksinasi hingga pemeriksaan Covid-19 di luar Jawa-Bali. Ia menyampaikan, peningkatan kapasitas berdasarkan level of assessment atau upaya penilaian keadaan pandemi di sebuah daerah.

"Jadi ini tergantung pada level of assessment daerah setempat, kalau tinggi misal level empat maka kapasitas tempat tidur harus ditambah hingga 40 - 50 persen, terutama untuk beberapa tempat yang memerlukan," ucapnya. []

Berita terkait
Luhut: Saya Minta 100 % Oksigen untuk Kepentingan Medis!
Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian dan Kementerian Kesehatan akan membuat database produsen dan distributor untuk ketersediaan oksigen.
Polisi Tinjau Samator Gas Cek Distribusi Tabung Oksigen
Peninjauan ini menjadi salah satu arahan Kapolres Metro Bekasi Kota untuk memastikan distribusi berjalan lancar.
Pemerintah Meminta Industri Gas Genjot Produksi Oksigen
Pemerintah meminta para produsen oksigen untuk memprioritaskan kebutuhan medis di tengah meningkatnya permintaan oksigen untuk pasien Covid-19
0
Wamenkes: Pasokan Oksigen di Luar Jawa-Bali Masih Cukup
Wamenkes Dante Saksono Harbuwono mengatakan pasokan oksigen di luar wilayah Pulau Jawa dan Bali masih cukup untuk pasien Covid-19 yang membutuhkan.