UNTUK INDONESIA
Wali Kota Surabaya Cabut Laporan Penahanan Zikria
Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini secara resmi mencabut laporan penahanan kepada pemilik akun Facebook, Zikria Dzatil yang menghina dirinya.
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini didampingi Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Sandi Nugroho saat menunjukkan surat permohonan maaf Zikria di Rumah Dinas Wali Kota Surabaya, Rabu 5 Februari 2020. (Foto: Tagar/Haris D Susanto)

Surabaya - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini secara resmi mencabut laporan penahanan kepada pemilik akun Facebook, Zikria Dzatil yang telah melakukan penghinaan kepadanya. Laporan ini pun dicabut oleh Kepala Bagian Hukum Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya Ira Tursilowati, pada Jumat 7 Februari 2020 sore.

"Surat pencabutan laporan itu diterima langsung oleh Kasatreskrim Polrestabes Surabaya, AKBP Sudamiran di Polrestabes Surabaya. Yang mana inti dari surat itu adalah pencabutan laporan," kata Ira, Sabtu 8 Februari 2020.

Pada intinya, karena sudah ada permohonan maaf dari yang bersangkutan.

Sementara mengenai alasan pencabutan laporan tersebut, berdasarkan permohonan maaf yang telah dikirimkan Zikria ke Risma. Bahkan ada dua kali surat permohonan maaf yang diterima oleh Wali Kota Surabaya.

"Pada intinya, karena sudah ada permohonan maaf dari yang bersangkutan, makanya Bu Wali mengajukan surat pencabutan laporan ini," imbuh dia.

Ira juga telah memastikan, dengan adanya surat pencabutan laporan itu, permasalahan Wali Kota Risma dengan Zikria sudah selesai. Bahkan, ia memastikan bahwa Wali Kota Surabaya sudah sangat tulus memaafkan Zikria.

"Untuk proses selanjutnya, kami pasrahkan kepada pihak kepolisian. Sebab, bagaimana pun juga, menghentikan perkara itu ada tahapan-tahapannya yang harus dilalui," ujar dia.

Saya berharap kepada seluruh warga saya kalau masih mencintai saya tolong dimaafkan. Karena sekali lagi, Tuhan pun memaafkan orang yang bersalah.

Sebelumnya, Wali Kota Risma mengakui sudah memaafkan Zikria dan bahkan meminta seluruh warga Kota Surabaya untuk ikut memaafkan penghinanya itu.

"Saya berharap kepada seluruh warga saya kalau masih mencintai saya tolong dimaafkan. Karena sekali lagi, Tuhan pun memaafkan orang yang bersalah. Mari kita bersama-sama berbesar hati untuk bisa memaafkan," kata Risma di rumah dinas Wali Kota Surabaya, Rabu lalu.

Wali kota dua periode ini mengaku, telah menerima dua surat permintaan maaf dari Zikria yang ditujukan kepadanya dan seluruh warga Surabaya.

Surat tersebut disampaikan Zikria ke Wali Kota Risma melalui Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Sandi Nugroho. Dalam surat tersebut tertulis, Zikria telah meminta maaf serta mengakui kesalahannya atas apa yang dia lakukan. []

Berita terkait
Dimaafkan Risma, Zikria Ajukan Penangguhan Penahan
Pengajuan penangguhan penahanan penghina Tri Rismaharini dilakukan atas pertimbangan anak Zikria yang masih balita dan sikap kooperatif.
Ini Goresan Permohonan Maaf Zikria ke Risma
Tersangka ujaran kebencian Zikria mengirimkan empat lembar surat yang berisi permohonan maaf kepada Tri Rismaharini dan warga Surabaya.
Dibilang Jelek, Risma Tak Berambisi Maju ke Jakarta
Tri Rismaharini menegaskan tak berambisi untuk maju di Pilgub DKI Jakarta, karena jabatan sebagai kepala daerah tak pernah tidak dirinya minta.
0
Polisi Gagalkan Pengiriman Masker di Lutim Sulsel
Personel Reskrim Polsek Nuha, Luwu Timur Sulsel, berhasil menggagalkan pengiriman puluhan dos masker ke pulau Jawa.